Kunjungan ke Yogyakarta Naik, Diharapkan Banyak Wisatawan yang Belanja Produk Lokal

Kompas.com - 01/07/2022, 19:07 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Kunjungan wisatawan di Yogyakarta mengalami peningkatan signifikan. Pelaku pariwisata dan pelaku ekonomi kreatif diminta untuk bisa mengubah wisatawan yang semula mungkin sekadar melihat-lihat, menjadi pembeli produk kreatif lokal.

Hal ini disampaikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno usai menghadiri kegiatan Kelana Nusantara di Netes Cafe, Kapanewon Depok, Kabupaten Sleman.

"Yogya ini mengalami peningkatan kunjungan wisatawan yang cukup signifikan," ujar Sandiaga di Kabupaten Sleman, Jumat (01/07/2022).

Baca juga: 15 Tempat Wisata Anak di Yogyakarta, Pas buat Libur Sekolah 

Ia menyampaikan, berdasarkan data Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), tingkat hunian hotel pada akhir pekan hampir mencapai 100 persen. Sedangkan pada hari biasa berkisar antara 70-80 persen.

Oleh karena itu, ia mengimbau agar para pelaku pariwisata dan ekraf lokal mempersiapkan diri menghadirkan produk yang berkualitas, sehingga wisatawan lebih tertarik untuk berbelanja.

Baca juga: 8 Tempat Camping di Yogyakarta, Ada Lokasi Pinggir Waduk dan Sungai 

"Tadi pelatihan-pelatihan mulai dari marketing, digitalisasi, sampai kepada pelatihan public speaking. Pelatihan-pelatihan seperti ini jauh lebih tepat sasaran, tepat manfaat, dikarenakan Yogya, Sleman khususnya, mengalami peningkatan kunjungan wisatawan yang signifikan," tuturnya.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Oleh karena itu, Sandiaga meminta pelaku pariwisata dan ekraf untuk lebih berinovasi demi menambah jumlah wisatawan yang berbelanja produk lokal, alih-alih hanya melihat-lihat.

"Mari kita jadikan mereka dari "rohari", rombongan hanya lihat-lihat, menjadi "rojali", atau rombongan yang jadi beli produk ekonomi kreatif lokal," ungkapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.