Kompas.com - 07/07/2022, 22:09 WIB

KOMPAS.com - Kepulauan Raja Ampat  memenangkan penghargaan Blue Park Award dari Marine Conservation Institute pada Konferensi Kelautan Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) 2022 di Lisbon, Portugal.

Selain Raja Ampat, ada dua kawasan konservasi laut atau marine protected area (MPAs) yang juga menyabet penghargaan ini.

Baca juga: 10 Kegiatan Wisata di Desa Arborek Raja Ampat, Diving di Dua Spot Keren

Dua kawasan tersebut adalah Taman Alam Apo Reef di Filipina dan Taman Nasional Old Providence McBean Lagoon di Kolombia.

"Selamat untuk Blue Parks tahun ini,” ujar Presiden Marine Conservation Institute, Dr Lance Morgan, dalam keterangan tertulis Blue Park Award yang diunggah melalui situs resminya, seperti dikutip Kompas.com, Kamis (07/07/2022).

Ia menambahkan, kawasan konservasi laut telah membantu menjaga kehidupan di laut dan membantu revitalisasi laut.

Ketiga pemenang bergabung dengan 24 jaringan Blue Park lain yang terus berkembang di lautan global dan dinilai telah memenuhi standar sains tertinggi dalam hal efektivitas konservasi.

"Kami berharap Blue Parks 2022 dapat menginspirasi lebih banyak masyarakat dan pemerintah untuk berkomitmen pada perlindungan yang kuat dan efektif bagi ekosistem laut yang kritis," tuturnya.

Baca juga: 5 Aturan di Desa Wisata Arborek Raja Ampat, Jangan Loncat dari Dermaga

Adapun total luas Kepulauan Raja Ampat, Taman Alam Apo Reef, dan Taman Nasional Old Providence McBean Lagoon adalah 13.834 Km persegi.

Dengan bergabungnya tiga kawasan konservasi tersebut, maka sistem Blue Park kini memiliki luas total 1,83 juta Km persegi dan secara efektif dilindungi di perairan 20 negara.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Sejak diluncurkan pada 2017, penghargaan ini diberikan setiap tahunnya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.