Kompas.com - 08/10/2022, 16:16 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Rabu (7/10/2022), ribuan masyarakat Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) berkumpul di halaman Masjid Gedhe Kauman untuk kembali mengikuti prosesi peringatan Maulid Nabi atau Sekaten.

Rangkaian Sekaten digelar mulai 1 sampai 7 Oktober 2022. Diawali dengan dengan Miyos Gangsa atau keluarnya Gamelan Sekaten dari Keraton ke Pagongan Kagungan Dalem Masjid Gedhe pada tanggal 6 Mulud hingga 12 Mulud.

Gamelan akan ditabuh setiap hari mulai pukul 10 pagi hingga 10 malam. Prosesi inilah yang selanjutnya dikenal dengan istilah Sekaten.

Baca juga: Sejarah Sekaten Saat Maulid Nabi, Pasar Malam Ternyata dari Penjajah Belanda

Gamelan Sekaten hanya dimainkan pada perayaan Sekaten, yakni sarana syiar Islam sekaligus tradisi untuk memperingati kelahiran Nabi Muhammad SAW yang sudah ada sejak zaman Kasultanan Demak.

Setelah berakhirnya Sekaten, biasanya dilakukan pemeriksaan dan perbaikan terhadap Gamelan Sekaten.

Prosesi penyebaran Undhik-undhik dari Sultan HB X

Kerusakan sering terjadi akibat benturan-benturan yang diakibatkan oleh banyaknya orang yang memperebutkan koin saat prosesi penyebaran Udhik-udhik.

Pada tahun ini tepatnya 7 Oktober 2022, Raja Keraton Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono 9HB) X datang ke Masjid Gedhe Kauman untuk menyebar Udhik-udhik (uang koin dan uba rampe) kepada masyarakat lalu masuk ke dalam Masjid untuk mendengar risalah Nabi.

Setelah itu barulah dilakukan prosesi Kondhur Gongso atau mengembalikan kedua gamelan itu ke dalam Keraton Yogyakarta.

andri memegang koin yang didapat dan Raja Keraton Sri Sultan HB X saat mebyebar Udhik-udhik, Jumat (8/10/2022)KOMPAS.COM/WISANG SETO PANGARIBOWO andri memegang koin yang didapat dan Raja Keraton Sri Sultan HB X saat mebyebar Udhik-udhik, Jumat (8/10/2022)

Sekira pukul 20.00 warga sudah memadati halaman Masjid Gedhe Keraton Yogyakarta. Di halaman Masjid juga banyak ditemui penjual makanan.

Dalam upacara sekaten ini, banyak masyarakat yang menjual makanan seperti nasi gurih hingga telur merah.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.