Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/11/2022, 11:16 WIB

KOMPAS.com - Pemerintah Hong Kong berencana melonggarkan syarat perjalanan bagi grup wisatawan asing. Ketentuan khusus terkait rencana ini akan diluncurkan bulan November 2022 ini.

Nantinya, grup wisatawan asing akan diperbolehkan mengunjungi taman hiburan (theme parks), museum, dan kuil. Mereka juga akan dapat makan di tempat, tepatnya di area yang telah diberi pembatas, di lokasi yang telah ditentukan.

Baca juga:

"Ketentuan baru ini dapat mendukung kembalinya pasar inbound (pelancong asing yang masuk ke Hong Kong) secara bertahap, serta menyediakan lingkungan usaha yang lebih menguntungkan untuk pelaku pariwisata," bunyi keterangan dari Pemerintah Hong Kong, dikutip dari news.gov.hk, Senin (7/11/2022).

Adapun rencana tersebut akan berlaku bagi grup wisatawan asing pemegang amber code di bawah naungan Vaccine Pass, serta diterima oleh agen perjalanan berlisensi.

Baca juga: 3 Tempat Wisata di West Kowloon Hong Kong, Bisa Lihat 900 Artefak Kuno

Vaccine Pass adalah langkah pencegahan epidemi yang penting. Dilansir dari laman coronavirus.gov.hk, Vaccine Pass bertujuan mendorong masyarakat untuk divaksinasi dan memungkinkan penduduk untuk kembali hidup normal. 

Sebagai informasi, amber code merupakan salah satu fungsi Vaccine Pass, biasanya diperuntukkan bagi pelaku perjalanan luar negeri (PPLN). 

Selanjutnya, para grup wisatawan asing wajib menggunakan aplikasi LeaveHomeSafe dan mematuhi syarat perjalanan yang berlaku.

Sementara itu, agen perjalanan yang berlisensi juga wajib mendaftarkan riwayat perjalanan (itinerary) bagi grup wisatawan asing terlebih dahulu kepada Dewan industri Perjalanan Hong Kong, serta mematuhi syarat perjalanan yang ada.

Baca juga:

Pemerintah Hong Kong masih akan mengumumkan rincian implementasi rencana bagi grup wisatawan asing ini.

Hal tersebut termasuk atraksi wisata yang ditentukan, protokol pencegahan epidemi bagi tempat makan yang ditentukan, dan protokol pencegahan epidemi bagi agen perjalanan yang menerima grup wisatawan asing. 

Sebelumnya Hong Kong telah menghapus kewajiban karantina di hotel bagi PPLN pada bulan September 2022. Namun, mereka tidak diizinkan mengunjungi restoran atau mal selama tiga hari setibanya di Hong Kong.

Baca juga: 8 Wisata Alam Baru nan Instagramable di Hong Kong

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+