Kompas.com - 10/11/2022, 10:10 WIB

KOMPAS.com - Banda Neira, salah satu gugusan pulau di Kepulauan Banda, Maluku Tengah, dikenal akan spot-spot penyelaman atau snorkeling yang sangat indah dan asri. 

Jika ingin melakukan snorkeling ataupun diving di Banda Neira, wisatawan pemula tidak harus membawa perlengkapan khusus. Sebab, ada sejumlah dive center yang tersedia dan menawarkan penyewaan alat-alat menyelam. 

Baca juga:

Untuk titik penyelaman, ada beberapa pilihan yang disesuaikan dengan tempat penyewaan diving. Harga sewa perlengkapan dan fasilitasnya pun bervariasi, meski secara umum mirip. 

"Untuk diving mulai Rp 600.000 per orang, snorkeling mulai Rp 200.000 per orang. Ini sudah termasuk transportasi, tapi kalau grup ada dispensasi harga," kata Sekretaris Desa Nusantara Arifin Lakembe yang menemani Kompas.com dan rombongan, Rabu (2/11/2022).

Wisatawan sedang mendapat arahan dan bersiap-siap sebelum melakukan try scuba di spot Lava Flow, Banda Neira, Maluku.KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Wisatawan sedang mendapat arahan dan bersiap-siap sebelum melakukan try scuba di spot Lava Flow, Banda Neira, Maluku.

Beberapa tempat dive center bisa dengan mudah ditemukan di area sekitar penginapan di Banda Neira, terutama di dekat pelabuhan Banda Neira yang lokasinya berhadapan dengan pantai.

Baca juga: Pengalaman Naik ke Benteng Belgica, Pertahanan Belanda di Banda Neira

Selain itu, kamu juga bisa meminta informasi serta rekomendasi dive center dari penginapan yang kamu tempati. Apalagi, warga lokal di Banda Neira sangat ramah dan tidak segan-segan membantu wisatawan.

Biaya diving dan snorkeling di Banda Neira

Lebih lanjut, saat ditanyakan kepada tim event organizer trip Jakarta-Banda Neira Achmad Fitriady, berikut informasi rincian harga penyelaman di Banda Neira: 

  • Diving: kisaran harga Rp 600.000 - Rp 750.000 per pax
  • Snorkeling: kisaran harga Rp 200.000 - Rp 300.000 per pax
  • Try Scuba: Rp 1 juta - Rp 1,5 juta per pax

Dari pengalaman Kompas.com, biaya tersebut adalah untuk durasi keberangkatan pada pukul 09.00 hingga selesai pukul 12.00 WITA di spot Lava Flow, sebelah utara Gunung Api Banda, sekitar 25 menit dari Banda Neira.

Baca juga: 3 Pulau di Banda Maluku yang Cocok untuk Island Hopping Seharian

Keindahan terumbu karang di spot Lava Flow di dekat Banda Neira, Maluku. Dok. Akbar Al Aziz Keindahan terumbu karang di spot Lava Flow di dekat Banda Neira, Maluku.

Adapun untuk durasi waktu lebih lama dan titik penyelaman yang berbeda, harganya juga mungkin menyesuaikan. 

"Biaya ini sudah termasuk peralatan lengkap," imbuh Arifin. 

Beberapa perlengkapan yang dimaksud seperti pelampung, masker selam, fin (kaki katak), baju selam (wetsuit/drysuit), tabung udara, dan lain-lain. Jika sudah memiliki perlengkapan sendiri, kamu juga dibebaskan untuk memakainya kalau merasa lebih nyaman. 

Baca juga: Menikmati Indahnya Senja di Pulau Nailaka, Kepulauan Banda

Untuk Try Scuba, terdapat pemandu (buddy atau partner menyelam) khusus yang menemani penyelam pemula yang belum memiliki lisensi diving.

Sementara itu, untuk yang sudah punya lisensi diving, biasanya bisa menyelam sendiri atau berkelompok, meski juga ditemani oleh satu atau dua orang buddy. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.