Kompas.com - 23/11/2022, 21:01 WIB

KOMPAS.com - Memperingati 17 tahun keris Indonesia diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya dunia, atau A Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity, telah dibuka pameran keris untuk umum di Bentara Budaya Jakarta (BBJ).

Adapun lokasi BBJ tepatnya ada di Jalan Palmerah Selatan, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat. 

Pameran bertajuk "Keris Indonesia For Peace and Humanity" ini diselenggarakan oleh Komunitas Cinta Budaya, BBJ, dan Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Baca juga:

"Ada sekitar 150 keris yang dipamerkan, digelar juga bursa keris di sebelah kiri dan kanan, dan peluncuran lima buku tentang keris," kata General Manager Bentara Budaya Jakarta Ilham Khoiri dalam acara pembukaan pameran di BBJ, Selasa (23/11/2022).

Pengunjung bisa menemukan keris-keris ikonik sejak era Majapahit dan Singosari, hingga keris kontemporer masa kini, karya para empu (ahli pembuat keris).

Keris-keris yang dipamerkan berasal dari berbagai daerah di Jawa, Sumatra, Sulawesi, Madura, Bali, hingga Lombok.

Selesai melihat pameran, pengunjung yang tertarik menjadi kolektor keris atau ingin sekadar melihat-lihat, bisa mendatangi area bursa keris yang lokasinya ada di sebelah kanan dan kiri bangunan utama.

Baca juga: Pameran Keris Bentara Budaya Jakarta Pajang Keris Kuno Era Majapahit

Area itu diisi puluhan penjual keris yang siap melayani serta menjawab pertanyaan pengunjung.

Tiket masuk, jam buka, akses menuju pameran keris

Pameran "Keris For Peace and Humanity" berlangsung mulai Rabu (23/11/2022) hingga Minggu (27/11/2022) pukul 10.00-20.00 WIB.

Bursa keris pada pameran Keris Indonesia For Peace and Humanity di Bentara Budaya Jakarta, pada Selasa (22/11/2022).Kompas.com/Wasti Samaria Simangunsong Bursa keris pada pameran Keris Indonesia For Peace and Humanity di Bentara Budaya Jakarta, pada Selasa (22/11/2022).

Lokasinya ada di Bentara Budaya Jakarta (BBJ), tepatnya di sebelah Menara Kompas Gramedia, Jalan Palmerah Selatan, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat.

BBJ hanya berjarak sekitar 700 meter saja dari Stasiun Palmerah. Bila ingin naik transportasi umum, bisa menggunakan commuterline (KRL) dari Stasiun Tanahabang tujuan Rangkasbitung.

Baca juga: 7 Tempat Wisata Sumenep yang Populer, Ada Desa Wisata Keris

Lalu berhenti di Stasiun Palmerah, dan lanjut berjalan kaki menuju BBJ. Sebagai informasi, tidak ada tiket masuk ke pameran, alias gratis.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.