Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/11/2022, 13:13 WIB

BORONG, KOMPAS.com - Menjelajah wisata baru terus dilakukan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk menggaet turis.

Salah satu tempat baru ada di Desa Wisata Golo Loni, Kecamatan Ranamese. Ternyata, desa wisata ini punya goa alam yang unik.

Minggu, (27/11/2022), Staf Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Manggarai Timur Albertus Jehamin bersama masyarakat Desa Golo Loni, melakukan survei goa alam di pinggir persawahan masyarakat setempat

Baca juga: 981 Wisatawan Kunjungi Desa Wisata Golo Loni NTT hingga November 2022

Goa alam Watu Tahang adalah namanya. Ada stalaktit dan stalakmit di dalam. Bahkan, ada aliran air di dalam goa. Apabila diterjemahkan ke Bahasa Indonesia, watu artinya batu dan tahang arti kapur.

Jadi, Goa Watu Tahang adalah gua alam yang memiliki batu kapur. Adapun batu kapur biasa diambil untuk keperluan dalam aktivitas rumah tangga.

Adapun survei dilakukan bersama Kepala Desa Golo Loni, John Berchmans Okalung dan anggota Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) setempat. 

Seputar Goa Watu Tahang di Golo Loni

Albertus Jehamin kepada Kompas.com lewat sambungan telepon, Senin, (28/11/2022) menjelaskan, goa alam ini terletak di bawah hamparan persawahan Desa Golo Loni.

Panjang goa sekitar 100 meter dengan dialiri air yang bersumber dari mata air Wae Mao dengan sensasi dingin saat disentuh. Perjalan ke goa adalah kurang-lebih 20 menit dari jalan trans-Flores melewati perkebunan kopi warga Desa Golo Loni.

Baca juga: Festival Golo Koe Tampilkan The New Labuan Bajo kepada Dunia

"Pengunjung juga akan dimanjakan dengan pemandangan areal persawahan Desa Golo Loni yg membentang sepanjang areal goa alam tersebut. Pengunjung juga akan melewati kebun kepompong bambu yang letaknya 50 meter dari lokasi gua alam," jelasnya.

Gua alam watu tahang merupakan satu destinasi baru di Desa wisata Golo Loni, Kecamatan Ranamese, Kabupaten Manggarai Timur, Flores, NTT, Minggu, (27/11/2022). (DOK/STAF DISPARBUD MATIM-ALBERTUS JEHAMIN)DOK/STAF DIPARBUD MATIM-ALBERTUS JEHAMIN Gua alam watu tahang merupakan satu destinasi baru di Desa wisata Golo Loni, Kecamatan Ranamese, Kabupaten Manggarai Timur, Flores, NTT, Minggu, (27/11/2022). (DOK/STAF DISPARBUD MATIM-ALBERTUS JEHAMIN)

"Minggu, 27 November 2022, saya, Kepala Desa Golo Loni, dan anggota Pokdarwis Golo Loni melakukan survei untuk dijadikan tempat geowisata yang berada di pinggir jalan Trans Flores dari arah Ruteng ke Borong dan sebaliknya," jelasnya.

Sementara itu, Yohanes Berchmans Okalungkepada Kompas.com, Senin, (28/11/2022) melalui telepon menjelaskan, Goa Watu Tahang menambah jumlah tempat wisata di Desa Golo Loni.

Baca juga: Wisata di Desa Wisata Golo Loni NTT, Bisa Trekking hingga Panen Padi

"Warga Desa Golo Loni menginformasikan kepada pemerintah Desa tentang gua alam tersebut. Lokasinya juga berada di pinggir sawah warga setempat. Bagian atas dari gua itu ada areal persawahan. Sungguh unik Goa Alam Watu Tahang ini," jelasnya.

Okalung menambahkan, Goa Watu Tahang direncanakan menjadi atraksi geowisata dan dipadukan dengan Wisata petualangan river tubing. Salah satu aktivitas geowisata adalah susur goa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+