Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/11/2022, 12:12 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kafe atau warung kopi menjadi tujuan yang sudah menjamur dan umumnya banyak dicari di tiap kota di seluruh daerah Indonesia.

Sama seperti di Ambon, ibu kota provinsi Maluku, ada sejumlah tempat kopi lokal yang bisa dikunjungi. 

Salah satu kafe yang cukup lama berdiri dan dikenal di Ambon adalah Rumah Kopi Sibu-Sibu. Letaknya tidak jauh dari pusat kota, yaitu di Jalan Said Perintah, dekat dengan Tugu Trikora. 

Baca juga:

Ternyata, selain Sibu-sibu, jalanan ini memang dipenuhi deretan kedai kopi mulai dari warung sederhana hingga kafe yang sudah terkenal di Ambon, seperti dikutip dari Kompas.com (14/11/2017).

Saat Kompas.com berkunjung, Sabtu (29/10/2022) pagi, Rumah Kopi Sibu-Sibu tampak cukup ramai diisi warga setempat yang sedang asyik menyesap kopi.

Rumah Kopi Sibu-Sibu di Ambon

Ruangan kafe Rumah Kopi Sibu-Sibu memang tidak terlalu besar, luasnya hanya sekitar 5x7 meter. Namun, interior khas Ambon menjadi salah satu daya tarik tempat ini.

Rumah kopi Sibu-Sibu di Ambon, Maluku, pada Sabtu (29/10/2022). KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Rumah kopi Sibu-Sibu di Ambon, Maluku, pada Sabtu (29/10/2022).

Terlihat poster-poster pahlawan nasional Maluku seperti Pattimura dan Christina Martha Tiahahu, serta beberapa orang terkenal dari Maluku seperti Ray Sahetapy, Bob Tutupoli, hingga Daniel Sahuleka terpajang di dinding. 

Tepat di bawah poster Thomas Matulessy atau Pattimura, terdapat area kecil untuk live music, berisi keyboard, mikrofon, dan kursi.

Baca juga: 9 Oleh-oleh Populer Khas Ambon, Ada Kerajinan Besi Putih

Sementara itu, dinding lain di kafe juga dipenuhi hiasan khas Ambon, seperti kain tenun. 

Mencicipi kopi dan makanan khas Ambon

Untuk diketahui, nama kafe ini bukan tanpa makna. Sibu-sibu dalam bahasa Maluku artinya sepoi-sepoi.

Tagline yang dipakai oleh kafe ini adalah Hail Buang Lansyik Sibu-Sibu yang berarti tempat melepaskan penat dengan embusan angin sejuk nan sepoi-sepoi.

Manisan pala dan jajanan khas Maluku lainnya di Rumah Kopi Sibu-Sibu. KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Manisan pala dan jajanan khas Maluku lainnya di Rumah Kopi Sibu-Sibu.

Sesuai dengan tagline, Rumah Kopi Sibu-Sibu rasanya memang cocok menjadi tempat santai sambil nongkrong bersama teman-teman di tengah terik matahari, ditemani secangkir kopi dan jajanan. 

Adapun menu yang ditawarkan Rumah Kopi Sibu-Sibu cukup beragam. Di antaranya ada kopi rarobang, kopi gingseng, kopi areng, minuman coklat, hingga jus dan susu.

Kopi Rarobang khas Ambon yang kaya akan rempah-rempah perpaduan jahe putih, madu, dan biji kenari.KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Kopi Rarobang khas Ambon yang kaya akan rempah-rempah perpaduan jahe putih, madu, dan biji kenari.

Pagi itu, Kompas.com memutuskan mencicipi menu khas dari kafe ini yaitu kopi rarobang, yang kaya akan rempah-rempah. Isinya diracik dengan jahe putih, madu, dan biji kenari, sehingga memiliki rasa yang unik. 

Baca juga: Itinerary Wisata 3 Hari 2 Malam di Ambon, Ada Pantai Pintu Kota

Saat diseruput, aroma jahe dalam kopi terasa sangat kuat, meninggalkan manis dan sedikit pahit yang hangat. Biji kenari yang dipotong kecil-kecil juga terasa renyah, menambah cita rasa kopi khas Ambon ini.

Sajian kopi terasa makin nikmat ketika dipadukan dengan jajanan khas Ambon dan Maluku, seperti sukun goreng, tart labu, pulut unti, kue sagu kenari, dan pisang goreng. Ada juga beberapa makanan berat tersedia seperti nasi goreng. 

Rumah kopi Sibu-Sibu di Ambon, Maluku, pada Sabtu (29/10/2022). KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Rumah kopi Sibu-Sibu di Ambon, Maluku, pada Sabtu (29/10/2022).

Untuk harga minuman di Rumah Kopi Sibu-Sibu berkisar Rp 18.000 hingga Rp 20.000-an. Sedangkan camilannya mulai Rp 3.000 - Rp 20.000-an, dan makanan berat Rp 25.000-an. 

Baca juga:

Jika berkunjung ke Ambon, kamu bisa menyempatkan diri mampir ke kafe ini, yang buka setiap hari Senin sampai dengan Sabtu, pukul 08.00 hingga 21.00 WIT. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com