Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/11/2022, 09:16 WIB

BATAM, KOMPAS.com – Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum dan HAM) Republik Indonesia (RI) melalui Direktorat Jenderal Imigrasi, melakukan uji coba pembukaan kembali Visa Kunjungan Beberapa kali Perjalanan (VKBP) atau multiple entry visa.

Menariknya, hal ini akan dilakukan pertama kali di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) yang ditunjuk Pemerintah sebagai pilot project di Indonesia dan dilakukan, Senin (28/11/2022).

Gubernur Kepri Ansar Ahmad melalui telepon mengatakan, ini merupakan dukungan pemerintah melaluikepada para pebisnis global, calon investor luar negeri, dan miliarder dunia yang bermodal besar, sehingga bisa dengan mudah bolak balik masuk ke Indonesia.

Baca juga: Bandara Batam Layani 12.000 Penumpang Sehari, Menyamai Sebelum Pandemi

Bahkan Ansar menegaskan bahwa hal ini diketahuinya setelah melakukan komunikasi dengan Pelaksana Tugas (Plt) Dirjen Imigrasi Widodo Ekatjahjana di Batam.

"Kalau tidak ada halangan VKBP akan dilakukan hari ini, ini merupakan bukti nyata kemudahan yang diberikan Pemerintah melalui keimigrasian untuk para pelaku bisnis dengan mobilitas tinggi yang akan memberi dampak signifikan terhadap pemulihan ekonomi Indonesia pascapandemi Covid-19 selama 2 tahun terakhir ini," kata Ansar, Senin (28/11/2022).

Upaya pulihkan ekonomi pascapandemi

Menurut Ansar bahwa kebijakan Pemerintah ini dilakukan dalam rangka percepatan investasi di Indonesia, khususnya di Kepri.

Sebelumnya, Ansar beberapa bulan yang lalu bertemu Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkum HAM) Yasonna Laoly di Jakarta dan meminta agar Visa on Arival atau Voa untuk 152 negara dibuka lagi di Kepri seperti sebelum pandemi covid-19.

Pelabuhan Batam Centre. DOK. BP Batam Pelabuhan Batam Centre.

Hal ini dilakukan agar Kepri dapat kembali normal terkait kunjungan wisatawan seperti sedia kala.

"Dan kami akan tetap melakukan pengawasan dan pengendalian Covid-19 di Kepri. Sampai semua benar-benar normal dan terkendali," terang Ansar.

Baca juga: Autogate Akan Diaktifkan di Pelabuhan Lainnya di Batam

Menurut dia, kebijakan ini memang sangat dinanti oleh masyarakat Kepri agar lebih banyak lagi turis yang berkunjung ke Kepri melalui kebijakan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+