Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/10/2022, 08:42 WIB

BATAM, KOMPAS.com – Autogate (pintu perlintasan keimigrasian otomatis) rencananya akan diaktifkan di pelabuhan lainnya di Batam, Kepulauan Riau, selain Pelabuhan Ferry Internasional Harbour Bay pada Jumat (21/10/2022).

“Kita utamakan di Pelabuhan Ferry Internasional yang terbilang padat, seperti Pelabuhan Ferry Internasional Harbour Bay maupun Pelabuhan Ferry Internasional Batam Centre dan Pelabuhan Ferry Internasional Sekupang,” kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam, Subki Miuldi, ditemui di Batam Centre, Jumat (28/10/2022).

Baca juga:

Ia mengatakan, pihaknya sengaja mengaktifkan kembali autogate untuk mempermudah setiap Warga Negara Indonesia (WNI) yang hendak berpergian ke luar negeri melalui Batam.

Sebaliknya, pihaknya juga mempermudah warga negara asing (WNA) yang hendak masuk untuk berlibur atau urusan bisnis di Batam.

Baca juga: Hotel Santika Kini Hadir di Batam

Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam mengaktifkan kembali pintu perlintasan keimigrasian otomatis (autogate) diseluruh Pelabuhan Ferry Internasional yang ada di Batam, Kepulauan Riau (Kepri).KOMPAS.COM/HADI MAULANA Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam mengaktifkan kembali pintu perlintasan keimigrasian otomatis (autogate) diseluruh Pelabuhan Ferry Internasional yang ada di Batam, Kepulauan Riau (Kepri).

Subki menambahkan, selain WNI, khusus WNA pemegang ITAS (izin tinggal terbatas) dan ITAP (izin tinggal tetap) juga bisa memanfaatkan autogate tersebut.

“Jadi tidak WNA yang berlibur saja, autogate ini juga bisa dipergunakan khusus WNA pemegang ITAS dan ITAP,” ujarnya.

Khusus WN Singapura pengguna bebas visa kunjungan, lanjutnya, juga bisa menggunakan autogate imigrasi saat hendak kembali ke negaranya.

Baca juga:

Dengan adanya autogate, menurutnya, banyak kelebihan yang bisa dirasakan oleh masyarakat, yaitu dapat langsung menuju autogate tanpa kontak dengan petugas imigrasi. Fasilitas tersebut juga digunakan untuk mengurai antrean penumpang yang kini mulai ramai.

“Mereka juga tidak perlu mengantre dan berdesak-desakan di konter pemeriksaan imigrasi,” katanya.

Baca juga: Kampung Tua Bakau Serip di Batam Masuk 50 Besar ADWI 2022

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+