Kompas.com - 14/09/2022, 18:03 WIB

JEJU, KOMPAS.com - Penerbangan langsung dari Jeju, Korea Selatan, ke sejumlah daerah di Indonesia, yaitu Manado di Sulawesi Utara, Bali, dan Batam di Kepulauan Riau, rencananya akan dibuka dalam waktu dekat ini.

"Dengan semua infrastruktur tadi, sangat dibutuhkan peranan riset untuk mempercepat hubungan kedua negara khususnya dalam hal perdagangan dan juga pariwisata,” kata Duta Besar Republik Indonesia untuk Korea Selatan, Gandi Sulistiyanto.

Baca juga:

Adapun Gandi menyampaikannya dalam acara penandatanganan nota kesepahaman antara Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), dengan Jeju National University (JNU) Korea Selatan, Rabu (15/9/2022).

Meski tidak memerinci kapan penerbangan langsung itu akan terwujud, namun ia menyoroti pentingnya peranan riset untuk mempercepat kerja sama antar negara, terkhusus antara Indonesia dan Korea Selatan.

Dirinya berharap, penerbangan langsung itu dapat meningkatkan sektor perdagangan dan pariwisata di kedua negara.

Selain penerbangan, ia menyatakan bahwa saat ini perdagangan Indonesia dan Korea Selatan telah diteken dan disetujui DPR Indonesia, yakni melalui Indonesia-Korea Comprehensive Agreement.

Baca juga: Sandiaga Minta Garuda Indonesia Buka Penerbangan Langsung ke Jepang

MoU penerbangan langsung Jeju-Manado dengan Jeju Air akan ditandatangani

Ilustrasi Pulau Jeju, Korea Selatan.Dok. UNSPLASH/jaemin don Ilustrasi Pulau Jeju, Korea Selatan.

Dilaporkan oleh Kompas.com, Selasa (13/9/2022), Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey akan menandatangani Memorandum of Understanding (Nota Kesepahaman atau MoU) dengan pihak maskapai Jeju Air pada Jumat (16/9/2022).

Saat dikonfirmasi, Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven Kandow mengatakan, terdapat beberapa target terkait kerja sama ini.

"Ini wujud komitmen Gubernur Olly Dondokambey dalam pembangunan pariwisata Sulawesi Utara," ujarnya, Selasa.

Baca juga: Scoot Sediakan Rute ke Jeju Korea Selatan, Harga Mulai Rp 4 Jutaan

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.