Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/11/2022, 11:11 WIB

KOMPAS.com - Gugusan Pulau Tawale di Halmahera Selatan, Maluku Utara ini mendapat julukan sebagai Raja Ampat Baru karena pesona alam bawah lautnya yang luar biasa.

Seperti dikatakan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, Pulau Tawale sangat mengesankan dengan suguhan hamparan hutan hijau serta air laut yang biru nan jernih.

Baca juga:

"Ini adalah pengalaman yang tidak terlupakan. (Gugusan Pulau Tawale) luar biasa indahnya, itu betul-betul gate of heaven. Apalagi, Halmahera Selatan ini merupakan salah satu spot diving terbaik di dunia," kata Sandiaga dalam keterangan resmi Kemenparekraf, Sabtu (26/11/2022).

Melansir Kompas.com (17/4/2019), dilihat dari tipe ekosistemnya, gugusan pulau Tawele merupakan pulau yang terbentuk dari batu karang dan memiliki hutan yang masih perawan.

Saking jernihnya, air laut di Pulau Tawale membuat hamparan terumbu karang serta aneka biota lautnya terlihat sangat jelas hanya dengan mata telanjang.

Itulah mengapa banyak wisatawan yang menyamakan pesona gugusan kepulauan ini dengan keindahan alam bawah laut Kepulauan Raja Ampat di Papua Barat.

Baca juga: Sandiaga Terpesona Raja Ampat Baru di Pulau Tawale Halmahera Selatan: Gate of Heaven

Adapun untuk mencapai gugusan Pulau Tawale yang ada di Pulau Kasiruta, Desa Marikuso, Kecamatan Kasiruta Timur, bisa dengan menempuh perjalanan sekitar satu jam lamanya dari Pulau Bacan.

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno menyempatkan diri berenang dan mengayuh perahu kayak di sekitar Gugusan Pulau Tawale yang merupakan alternatif destinasi yang tak kalah cantiknya dengan yang ada di Papua Barat, Sabtu, (26/11/2022).KOMPAS.com/YAMIN ABD HASAN Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno menyempatkan diri berenang dan mengayuh perahu kayak di sekitar Gugusan Pulau Tawale yang merupakan alternatif destinasi yang tak kalah cantiknya dengan yang ada di Papua Barat, Sabtu, (26/11/2022).

Di sisi lain, Sandiaga mengatakan bahwa Halmahera Selatan tidak hanya memiliki Gugusan Pulau Tawale sebagai destinasi wisata bawah lautnya. 

Masih banyak lagi destinasi wisata bawah laut di Halmahera Selatan yang bisa dieksplorasi dan dikembangkan.

Baca juga: Raja Ampat Masuk Daftar Must Visit Location 2023 Versi Lonely Planet

Hal itu guna membangkitkan ekonomi dan membuka lapangan kerja di Maluku Utara, khususnya di Halmahera Selatan.

"Saya melihat selain ekonomi berbasis sumber daya alam yang menjadi tulang punggung sekarang, kita juga harus kembangkan ekonomi berbasis pariwisata dan ekonomi kreatif. Agar pergerakan ekonomi di Halmahera Selatan semakin meningkat dan membuka peluang usaha dan lapangan kerja," ujar dia.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+