Kompas.com - 18/04/2019, 16:05 WIB

HALMAHERA, KOMPAS.comPulau Tawale di Pulau Kasiruta, Desa Marikuso, Kecamatan Kasiruta Timur, Halmahera Selatan menyuguhkan panorma menakjubkan dengan mayoritas warna hijau dan biru. Kedua mata wisatawan lokal maupun mancanegara akan dimanjakan dengan keindahan alam tersebut.

Tawale memiliki beberapa sebaran pulau-pulau kecil beserta hutan hijau di sekelilingnya. Air lautnya terlihat jernih sehingga aneka biota laut seperti ikan dan terumbu karang bisa terlihat dengan jelas, bahkan dengan mata telanjang.

Namun, ada yang perlu diperhatikan ketika ingin mengunjungi Pulau Tawale. Berikut tips dari Ketua Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Maluku Utara, Opan Jacky:

1. Siapkan peralatan kemah

Ketika mengunjungi obyek wisata alam, menyiapkan peralatan kemah tentu sangat penting. Selain sebagai tempat berteduh, peralatan kemah juga bermanfaat untuk melindungi diri dari serangan hewan liar.

Baca juga: Surga Tersembunyi dari Halmahera Selatan itu Bernama Pulau Tawale

Di Pulau Tawale tidak terdapat penginapan, hotel, maupun homestay lantaran belum tersentuh sama sekali oleh manusia. Karenanya, pengunjung perlu menyiapkan perkemahan sederhana untuk bermalam di sana.

Jangan lupa pelajari berbagai jenis peralatan kemah tersebut agar bisa digunakan dengan baik dan benar.

2. Bawa logistik secukupnya

Membawa logistik terlalu banyak tentu sangat merepotkan wisatawan ketika mengunjungi destinasi wisata bahari. Terlalu sedikit juga kurang baik karena wisatawan barangkali memiliki kebutuhan tambahan yang tak bisa dikesampingkan.

Oleh karena itu, bawalah logistik secukupnya, jangan terlalu banyak ataupun terlalu sedikit.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.