Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/12/2022, 13:35 WIB

KOMPAS.com - Korea Selatan telah membuka semua aturan perbatasan dan menghapus syarat masuk sejak Oktober 2022 lalu sehingga wisatawan bisa semakin mudah berwisata ke Negeri Ginseng. 

Mulai Juni 2022, Korea Selatan membuka perbatasan untuk wisatawan asing, namun masih dengan syarat tes PCR. Kemudian pada Oktober 2022, syarat masuk dipermudah karena wisatawan wajib vaksin minimal dosis kedua, namun tidak perlu lagi tes PCR. 

Baca juga: Ke Korea Selatan Kini Tak Perlu Tes PCR

"Korea per Juni 2022 sudah buka untuk wisatawan asing, tapi saat itu masih ada tes PCR. Nah per 1 Oktober 2022 PCR sudah tidak ada, enggak ada asuransi kesehatan juga," ujar PR and Media Officer Korea Tourism Organization (KTO) Jakarta Office Novi Nursyahbani, saat ditemui di Jakarta, Minggu (4/12/2022).

Jelang akhir tahun dan untuk menyambut musim dingin, Novi mengatakan bahwa Korea Selatan masih berfokus pada festival-festival yang akan diadakan. 

Baca juga: 26 Kosakata Dasar buat Liburan ke Korea Selatan

Musim dingin yang berlangsung Desember hingga Februari dikatakan oleh Novi memiliki dua festival utama. Keduanya adalah Hwacheon Sancheoneo Ice Festival dan Pyeongchang Trout Festival. 

Rekomendasi wisata Korea Selatan

Selain festival, Korea Selatan juga memiliki beberapa rekomendasi tempat wisata yang tak boleh terlewatkan. 

Influencer sekaligus musisi Tiffani Afifa dan Ghea Indrawari membagikan pengalaman seru mereka jalan-jalan di Negeri Ginseng usai perbatasan benar-benar dibuka, dalam Hybrid Talkshow yang diselenggarakan Korean Tourism Organization (KTO). 

Dalam Hybrid Talkshow bertajuk Ngobrol Asik Seputar Korea, keduanya bercerita pengalaman saat ke Korea, momen menarik, serta tips dan trik pariwisata. Adapun Ghea dan Tiffani pergi ke Negeri Ginseng pada Oktober dan September lalu. 

1. Kafe-kafe cantik

Kafe Cofioca di Seoul. Dok. visitkorea.or.kr Kafe Cofioca di Seoul.

Ghea mengaku takjub melihat banyaknya kafe baru yang ada di Korea. Menurutnya, kafe menjadi salah satu destinasi wajib dikunjungi, selain agensi bagi pencinta K-Pop. 

"Kemarin aku explore kafe, lalu naik ke sky tower di Lotte World, dan mengunjungi Hybe (agensi BTS)," kata Ghea di Lotte Shopping Avenue, Jakarta, Minggu (4/12/2022).

Senada, Tiffani juga menyarankan anak-anak muda yang berwisata ke Korea, terutama penyuka konten, agar bisa menjelajahi kafe-kafe unik nan Instagramable. 

Baca juga: 6 Alternatif Tempat Healing di Korea Selatan, Nikmati Spa di Alam

"Kafe-kafe harus dikunjungin banget. Karena menarik banget meskipun terletak di jalanan-jalanan kecil, jadi kafenya kecil tapi cantik," ungkap Tiffani. 

Bagi penggemar K-pop, Tiffani menyarankan, bisa mampir ke kafe yang lokasinya dekat dengan agensi musik. Misalnya saat ia berkunjung ke Hybe, dirinya menemukan kafe yang sedang mengadakan event dari idola K-Pop di agensi tersebut. 

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+