Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/12/2022, 14:02 WIB
Penulis Ulfa Arieza
|

 

KOMPAS.com - Bali menjadi menjadi salah satu destinasi favorit untuk menghabiskan libur akhir tahun. Pulau Dewata memiliki banyak pantai yang memukau wisatawan.

Namun, wisata Bali selain pantai juga tidak kalah indah. Jika kamu merencanakan liburan akhir tahun di Bali, berikut rekomendasi tempat wisata selain pantai yang bisa dikunjungi.

Ada destinasi baru, hidden gem, festival akhir tahun, hingga wisata dengan panorama instagramable.

Baca juga: 10 Hidden Gem Bali, Wisata Anti-mainstream buat Libur Akhir Tahun

Ide wisata akhir tahun di Bali

Berikut rekomendasi tempat wisata akhir tahun di Bali selain pantai yang bisa dikunjungi. 

1. Bali Glass Bridge

Bali Glass Bridge di Gianyar, Bali.TRIBUN BALI Bali Glass Bridge di Gianyar, Bali.

Bali Glass Bridge adalah destinasi wisata baru di Bali, tepatnya di Kabupaten Gianyar. Mengutip Kompas.com (13/11/2022), jembatan kaca itu dibangun di atas Sungai Petanu, Gianyar.

Jembatan tersebut menghubungkan dua wilayah, yaitu Banjar Tegenungan di Desa Kemenuh, Sukawati dan Banjar Belangsinga di Desa Saba, Blahbatuh.

Jembatan kaca sepanjang 190 meter dengan tinggi 40 meter itu menambah daya tarik wisata di Desa Saba.

Baca juga: Wisata Baru Jembatan Kaca di Gianyar Bali, Catat Tiket dan Jam Buka

2. Denpasar Festival 2022 

Pembukaan Denpasar Festival, Rabu (28/12/2016), dimeriahkan parade anak-anak.KOMPAS.com/SRI LESTARI Pembukaan Denpasar Festival, Rabu (28/12/2016), dimeriahkan parade anak-anak.

Selain mengunjungi tempat wisata, kamu juga bisa menikmati sejumlah festival akhir tahun yang digelar di Bali. Salah satunya adalah Denpasar Festival 2022 atau Denfest, seperti dikutip dari Kompas.com (3/12/2022). 

Denpasar Festival 2022 akan digelar secara offline di di kawasan Catur Muka, Kecamatan Denpasar Utara, Kota Denpasar, Bali.

Festival ekonomi kreatif ini, bisa menjadi salah satu pilihan kunjungan bagi wisatawan yang menghabiskan libur akhir tahun di Pulau Dewata.

Sejumlah acara yang bakal meramaikan Denpasar Festival 2022 antara lain sajian beragam kuliner unggulan, gelaran fesyen, pertunjukkan musik, film, seni budaya tradisional maupun modern, dan sebagainya.  Rencananya, Denpasar Festival akan digelar selama lima hari berturut-turut, yakni mulai Rabu (21/12) sampai dengan Minggu (25/12) mendatang.

Baca juga: Libur Akhir Tahun di Bali, Bisa Kunjungi Denpasar Festival 2022 

3. Penglipuran Village Festival

Keindahan Desa Wisata Penglipuran di Bangli, Bali.Dok. Kemenparekraf Keindahan Desa Wisata Penglipuran di Bangli, Bali.

Desa Wisata Penglipuran di Kabupaten Bangli, Bali juga akan menggelar Penglipuran Village Festival pada 9-4 Desember 2022.

Mengutip Tribun Bali (6/11/2022), acara tahunan ini akan diselenggarakan selama enam hari dengan menghadirkan berbagai jenis kegiatan berkaitan dengan tradisi dan budaya.

Beberapa aktivitas yang akan ditemui pengunjung antara lain lomba mebat, lomba tari, lomba bapang barong, dan lainnya.

Ada pula aktivitas megibung Krama Penglipuran yang dilaksanakan di jalan desa. Aktivitas ini adalah wujud syukur warga desa sekaligus melestarikan adat istiadat.

Panggung musik juga akan tersaji pada 10 Desember 2022 dengan menghadirkan musisi seperti Fourtwnty, Roby Navicula, Idgitaf, Iksan Skuter, dan lainnya.

Baca juga: Desa Penglipuran Bali Gelar Festival Budaya 9-14 Desember 2022

4. Garuda Wisnu Kencana 

Garuda Wisnu Kencana atau GWK Cultural Park di Kabupaten Badung, Bali.UNSPLASH/Ayadi Ghaith Garuda Wisnu Kencana atau GWK Cultural Park di Kabupaten Badung, Bali.

Garuda Wisnu Kencana (GWK) merupakan salah satu ikon wisata Bali. Baru-baru ini, karya seni yang megah tersebut menjadi lokasi gala dinner KTT G20 yang diselenggarakan di Nusa Dua, Bali. 

Mengutip Kompas.com (26/3/2022), patung megah tersebut merupakan karya seniman Nyoman Nuarta. Patung GWK memiliki tinggi 121 meter, dengan lebar 46 meter. 

Dengan tinggi itu, GWK menjadi patung tertinggi ketiga di dunia. Lokasinya berada di Desa Ungasan, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung.

Baca juga: 5 Fakta Garuda Wisnu Kencana di Bali, Salah Satu Patung Tertinggi Dunia

5. Taman Dedari

Taman Dedari, Ubud, Gianyar, Bali DOK. Pengelola Taman DedariPengelola Taman Dedari Taman Dedari, Ubud, Gianyar, Bali DOK. Pengelola Taman Dedari

Keindahan Taman Dedari sudah terkenal di kalangan wisatawan. Ikon dari obyek wisata ini adalah empat buah patung raksasa berukuran sekitar 10 meter yang menjadi spot foto favorit.

Melansir dari situs Wonderful Indonesia Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dedari berarti bidadari.  Saat berkunjung di taman ini, wisatawan bisa menyaksikan figur bidadari dalam bentuk patung raksasa.

Terdapat 50 patung bidadari dalam mitologi Bali di seluruh area taman. Namun, tidak semuanya berukuran besar. Taman Dedari dilengkapi dengan fasilitas restoran, tempat bersantai, dan aula pertemuan.

Baca juga: 5 Aktivitas di Taman Dedari Bali, Foto dengan Patung Setinggi 10 Meter

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+