Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/01/2023, 06:06 WIB

KOMPAS.com - Berada di kompleks Balai Pemuda, Alun-alun Surabaya jadi salah satu tempat yang wajib dikunjungi saat berwisata ke Kota Surabaya. Salah satu daya tariknya ada di area bawah tanah atau basement.

Di area tersebut, wisatawan bisa melakukan beragam aktivitas, salah satunya berfoto di spot Instagramable.

Baca juga:

Untuk diketahui, Alun-alun Surabaya berlokasi di Jalan Gubernur Suryo Nomor 15, Embong Kaliasin, Kecamatan Genteng, Kota Surabaya, Jawa Timur.

Jaraknya dari Stasiun Surabaya Gubeng lumayan dekat yakni sekitar 850 meter dengan durasi berjalan kaki kira-kira 12 menit. 

Baca juga: 46 Tempat Wisata di Surabaya, Jelajahi Kota hingga Alam Terbuka

Aktivitas di Alun-alun Surabaya

Warga mengunjungi ruang bawah tanah Alun-Alun Surabaya, kompleks Balai Pemuda Surabaya, Jawa Timur, Minggu (19/12/2021). Pemkot Surabaya membuka Alun-Alun Surabaya yang berada di bawah kompleks Balai Pemuda Surabaya bagi masyarakat untuk berkunjung dengan menggelar berbagai kegiatan seni dan budaya, musik serta pameran produk unggulan UMKM Kota Surabaya. ANTARA FOTO/Didik Suhartono/aww. Warga mengunjungi ruang bawah tanah Alun-Alun Surabaya, kompleks Balai Pemuda Surabaya, Jawa Timur, Minggu (19/12/2021). Pemkot Surabaya membuka Alun-Alun Surabaya yang berada di bawah kompleks Balai Pemuda Surabaya bagi masyarakat untuk berkunjung dengan menggelar berbagai kegiatan seni dan budaya, musik serta pameran produk unggulan UMKM Kota Surabaya.

Area basement Alun-alun Surabaya kerap menjadi lokasi pameran karya seni sehingga pengunjung bisa mampir untuk berfoto atau menikmati karya yang ada.

Ada pula area skateboarding atau papan seluncur yang bisa dimanfaatkan oleh pengunjung, dikutip dari laman Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata Kota Surabaya, Minggu (22/1/2023).

Wisatawan pencinta sejarah bisa mampir ke Balai Pemuda yang didirikan pada tahun 1907.

Baca juga:

Bangunan dengan dome (kubah) yang ikonis ini dulunya bernama Simpangsche Societeit dan dikenal sebagai tempat hiburan kalangan atas Eropa, khususnya warga Belanda. Saat ini bangunan tersebut menjadi salah satu spot foto favorit pengunjung.

Selain itu, pengunjung juga bisa mendatangi area luar ruangan (outdoor) dan menjelajahi aneka tempat wisata di dekat Alun-alun Surabaya, salah satunya Monumen Kapal Selam Surabaya.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+