Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Raya Nyepi di Bali, 6 Fasilitas Publik Ini Tutup Sementara 

Kompas.com - 19/03/2023, 21:02 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

Sumber Antara

KOMPAS.com - Sejumlah fasilitas publik di Bali akan berhenti operasi atau tutup sementara selama perayaan Hari Raya Nyepi Tahun Saka 1945 pada Rabu (22/3/2023) mendatang.

Penutupan fasilitas publik tersebut bertujuan untuk mendorong kelancaran pelaksanaan Catur Brata Penyepian oleh umat Hindu di Pulau Dewata. 

Baca juga: Bali Bersiap Sambut Nyepi 2023, Akan Ada Patroli Menyeluruh

Baca juga: Tol Bali Mandara Tutup 32 Jam Selama Nyepi, Catat Waktunya

Dalam Catur Brata Penyepian, umat Hindu melakukan amati karya (tidak bekerja), amati geni (tidak menyalakan api), amati lelungan (tidak bepergian), dan amati lelanguan (tidak bersenang senang).

Berikut daftar sejumlah fasilitas publik di Pulau Bali yang tutup dan berhenti sementara selama Hari Raya Nyepi Tahun Saka 1945, seperti dihimpun Kompas.com

Pecalang atau petugas keamanan adat Bali, saat berpatroli di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai di Desa Adat Tuban, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung, Bali, Kamis (7/3/19). Umat Hindu saat ini tengah menjalani Catur Brata Penyepian, di mana tak boleh ada aktifitas seperti bepergian, menyalakan api, hiburan dan bekerja.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Pecalang atau petugas keamanan adat Bali, saat berpatroli di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai di Desa Adat Tuban, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung, Bali, Kamis (7/3/19). Umat Hindu saat ini tengah menjalani Catur Brata Penyepian, di mana tak boleh ada aktifitas seperti bepergian, menyalakan api, hiburan dan bekerja.

1. Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai 

Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai akan menghentikan operasional selama 24 jam ketika Hari Raya Nyepi. Tidak ada penerbangan dari dan menuju bandara di Bali ini.

Mengutip Antara, penghentian sementara operasional Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai akan dilakukan mulai Rabu (22/3/2023) pukul 06.00 WITA pada Rabu (22/3/2023) hingga Kamis (23/3/2023) pukul 06.00 WITA.

Bandara hanya akan dibuka secara terbatas untuk keadaan darurat, seperti pendaratan darurat maupun keberangkatan darurat di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai.

2. Tol Bali Mandara

Tol Bali Mandara, salah satu jalan tol unik di Indonesia.
Dok. PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Tol Bali Mandara, salah satu jalan tol unik di Indonesia.

Tol Bali Mandara akan tutup sementara selama 32 jam saat Hari Raya Nyepi.

Direktur Utama PT Jasamarga Bali (JBT) Tol I Ketut Adiputra Karang mengatakan, penutupan akan berlaku mulai Selasa (21/3/2023) pukul 23.00 WITA.

“(Tol Bali Mandara) Akan dibuka kembali pada Kamis (23/3/2023) mulai pukul 07.00 WITA setelah Hari Raya Nyepi," ujarnya di Denpasar, Bali, Kamis (16/3/2023),seperti dikutip dari Antara

Baca juga: Bali Bersiap Sambut Nyepi 2023, Akan Ada Patroli Menyeluruh

Baca juga: 4 Fakta Melasti Pada Rangkaian Nyepi, Makna hingga Lokasi Pelaksanaan 

Tol Bali Mandara merupakan jalan tol yang menghubungkan Kota Denpasar, Bandara I Gusti Ngurah Rai serta kawasan Nusa Dua.

Kendati tutup selama Hari Raya Nyepi, namun jalan tol Bali Mandara tetap bisa digunakan untuk situasi darurat, misalnya mobil ambulans dan pemadam kebakaran.

Namun, PT JBT mengimbau para pengemudi kendaraan yang masuk kategori darurat tersebut, tetap didampingi pecalang atau instansi terkait, serta mematuhi Prosedur Operasi Standar (SOP).

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com