Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/03/2023, 21:01 WIB
Nugraha Perdana,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

BATU, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo melarang aparatur sipil negara (ASN) dan pejabat untuk melakukan buka puasa bersama pada Ramadhan tahun 2023 ini.

Ternyata, larangan itu berdampak terdapat hotel-hotel di Kota Batu, Jawa Timur. Hal itu diungkapkan Penjabat Wali Kota Batu Aries Agung Paewai.

Aries mengatakan, dirinya menerima pesan WhatsApp dari beberapa pengelola hotel terkait dampak larangan tersebut. Para pengelola hotel mengaku mendapat banyak pembatalan pesanan penyelenggaraan kegiatan.

Baca juga: 6 Museum di Batu, Bisa Wisata Sekaligus Belajar

"Kami dapat WA (WhatsApp) dari hotel-hotel yang bilang kepada kami bahwa sudah banyak (pemesan) yang membatalkan kegiatan-kegiatannya di Kota Batu ini," kata Aries pada Minggu (26/3/2023).

Agenda buka bersama jadi penyokong perekonomian Kota Batu

Hal itu disesalkan Aries karena hotel menjadi penyokong salah satu sektor unggulan perekonomian Kota Batu.

Dengan dibatalkannya agenda buka puasa bersama, maka pendapatan hotel-hotel di Kota Batu juga bisa berkurang.

Sedangkan kegiatan pemerintah daerah tetap berjalan, meskipun saat bulan puasa. Termasuk kegiatan rapat semisal antara pimpinan daerah dengan jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang biasanya diadakan pada sore hari dan diakhiri buka puasa bersama.

"Apalagi saat ini pemerintah sudah mengeluarkan edaran tentang dilarangnya buka puasa bersama, sehingga sangat berdampak terhadap perhotelan kami yang biasanya menerima kegiatan rapat-rapat di sore hari sekaligus dilanjut dengan buka puasa," katanya.

Tidak berdampak signifikan terhadap perhotelan di Kota Batu

Sementara itu, Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kota Batu Sujud Hariadi mengatakan, dirinya belum menerima laporan dari semua hotel terkait adanya pembatalan kegiatan rapat-rapat dari instansi pemerintah.

Berbeda dengan penuturan Aries, menurut Sujud larangan buka puasa bersama itu belum berdampak signifikan terhadap usaha perhotelan.

Baca juga: Dongkrak Kunjungan Turis Asing, Kota Batu Akan Gelar 4 Event Internasional

"Memang ada satu-dua hotel yang seperti itu. Biasanya rapat-rapat pemerintah banyaknya saat di luar bulan Ramadhan," kata Sujud.

Ia melanjutkan, hotel-hotel di Kota Batu pasarnya adalah keluarga. Jadi saat Bulan Ramadhan, biasanya hotel-hotel berlomba berjualan iftar (menu makanan dan minuman berbuka puasa) untuk menutup pemasukan dari rendahnya okupansi kamar.

Kondisi arus kendaraan di Jalan Ir Soekarno, Kota Batu pada Sabtu (24/12/2022).  KOMPAS.com/ Nugraha Perdana Kondisi arus kendaraan di Jalan Ir Soekarno, Kota Batu pada Sabtu (24/12/2022).

Sebelumnya, larangan buka puasa bersama bagi pejabat pemerintah telah dikeluarkan pemerintah pusat melalui surat Sekretaris Kabinet Republik Indonesia Nomor 38/Seskab/DKK/03/2023 perihal Arahan Terkait Penyelenggaraan buka puasa bersama.

Dalam video penjelasan dari Sekretaris Kabinet Pramono Anung, larangan buka puasa bersama diutamakan bagi para menteri Kabinet Indonesia Maju, Jaksa Agung, Panglima TNI, Kapolri, dan kepala badan/lembaga.

Baca juga: 5 Tips Berwisata di Kota Batu Saat Musim Hujan, Pilih Tempat Wisata yang Pas

Sedangkan untuk para Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam kegiatan buka puasa tidak boleh berlebihan atau secara sederhana dan tidak melakukan atau mengundang para pejabat. Untuk masyarakat umum tetap diperbolehkan melakukan buka puasa bersama.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com