Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebaran 2023, Pelita Air Tambah Kursi hingga 70 Persen

Kompas.com - 11/04/2023, 06:22 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - PT Pelita Ait Service atau Pelita Air akan menambahkan kapasitas penerbangannya untuk mengantisipasi peningkatan penumpang pada periode mudik Lebaran 2023.

Dikutip dari Antara, kapasitas penerbangan ekstra tersebut mencapai hampir 70 persen dari kapasitas layanan pada hari biasa atau 18.720 kursi per minggu.

"Khusus menghadapi persiapan mudik lebaran di 19-29 April, kami menyiapkan penerbangan ekstra. Mengakomodir sebanyak 30.600 kursi per minggunya," ujar Direktur Utama Pelita Air Dendy Kurniawan di Jakarta, Senin, seperti dikutip dari Antara.

Baca juga:

Dendy mengatakan, penambahan rute juga dilakikan agar lebih banyak masyarakat bisa pulang ke kampung halaman dan bersilahturahmi dengan keluarga pada momen Lebaran.

Adapun rute tersebut adalah Jakarta-Padang, Jakarta-Palembang, dan Jakarta-Pekanbaru, yang mulai beroperasi pada 12 April.

Dendy mengeklaim, animo masyarakat untuk mudik sangat besar. Hal itu terbukti salah satunya dari penjualan tiket di tiga rute tersebut.

"Penjualannya sudah seminggu yang lalu. Sudah ramai bahkan di tanggal-tanggal menjelang lebaran sudah fully booked," tuturnya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Layanan tambahan

Berdasarkan data Kementerian Perhubungan, diprediksi sekitar 123,8 juta orang akan melakukan aktivitas mudik Lebaran tahun ini atau naik 14,2 persen dibandingkan tahun lalu yang hanya 85,5 juta orang.

Terkait hal tersebut, Pelita Air juga berusaha memberikan layanan optimal bagi penumpangnya, melalui medium service yang hadir sejak April 2022.

Baca juga: Awas Sulit Cari Hotel, Jangan Langsung Datang jika Mau Pesan Hotel di DIY Saat Libur Lebaran

Itu mencakup makanan ringan dan minuman, layanan hiburan gratis selama penerbangan bernama Starlight, bagasi gratis 20 kilogram, serta bagasi kabin tujuh kilogram.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com