Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagian Atas Candi Borobudur Buka Saat Lebaran 2023, Kuota 150 Per Jam

Kompas.com - 14/04/2023, 11:14 WIB
Wasti Samaria Simangunsong ,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bagian atas Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah, akan tetap dibuka bagi wisatawan saat libur Lebaran 2023 dalam masa uji coba terbatas dengan kuota 150 orang per jam.

Direktur Utama PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (PT TWC) Febrina Intan mengatakan, jumlah tersebut berdasarkan apa yang sudah ditetapkan sebelumnya saat uji coba terbuka dan tidak ada perubahan kuota.

Baca juga:

"Tidak ada perubahan jumlah karena kami sudah setuju bahwa pada satu hari 1.200 orang yang diizinkan untuk naik. Jadi dalam satu jam hanya 150 orang yang boleh naik ke candi. Itu pun terbagi dalam sepuluh kelompok," kata Febrina dalam acara Media Briefing Injourney Kesiapan Fasilitas Angkutan Lebaran 2023 di Jakarta, Kamis (13/4/2023).

TWC memberlakukan kuota pengunjung naik ke Candi Borobudur 400 orang per hari selama uji coba.Dok. Shutterstock TWC memberlakukan kuota pengunjung naik ke Candi Borobudur 400 orang per hari selama uji coba.

Nantinya, tambah dia, satu kelompok yang terdiri atas 15 orang wisatawan itu akan didampingi oleh pemandu khusus.

"Jadi tidak ada perubahan untuk Hari Raya (Idul Fitri 1444 Hijriah) ini. Tidak ada perubahan yang naik, tetap sesuai aturan yang disetujui bersama. Mereka yang naik pun menggunakan sandal khusus yaitu upanat," ujarnya.

Baca juga: Sandal Upanat Diuji Coba untuk Naik ke Candi Borobudur

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com