Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terbang dari Bandara Schiphol Belanda Bisa Booking Jadwal Pemeriksaan Keamanan

Kompas.com - 14/04/2023, 06:00 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

KOMPAS.com - Bandara Schiphol di Belanda menyediakan layanan pemesanan slot waktu pemeriksaan keamanan secara gratis di bandara. 

"Dengan memanfaatkan (layanan) pemesanan slot waktu, pelaku perjalanan bisa melewati pemeriksaan keamanan di jalur yang telah disediakan pada waktu yang sudah dipilih," bunyi keterangan resmi dari laman Bandara Schiphol, dikutip Kamis (13/4/2023).

Baca juga:

Dengan demikian, pelaku perjalanan bisa mengetahui kapan mereka sebaiknya tiba di area pemeriksaan keamanan. 

Diharapkan layanan tersebut dapat menghindari situasi ketika pelaku perjalanan tiba di bandara terlalu cepat sehingga menyebabkan antrean panjang.

Baca juga:

Cara pesan slot waktu pemeriksaan keamanan di Bandara Schiphol

Bandara Schiphol di Amsterdam, Belanda akan membatasi jumlah penerbangan pada 2023 demi membantu mengurangi masalah perubahan iklim.SHUTTERSTOCK/FOKKKE BAARSSEN Bandara Schiphol di Amsterdam, Belanda akan membatasi jumlah penerbangan pada 2023 demi membantu mengurangi masalah perubahan iklim.

Pemesanan slot waktu pemeriksaan keamanan ini bisa dilakukan hingga tiga hari sebelum keberangkatan di Bandara Schiphol.

Calon pelaku perjalanan bisa memesannya melalui aplikasi atau situs web resmi bandara tersebut.

Setelah melakukan pemesanan, calon pelaku perjalanan akan menerima e-mail berisi konfirmasi pemesanan dan kode QR. 

Saat di bandara nantinya, kode QR tersebut akan dipindai oleh petugas di bandara. Selanjutnya calon pelaku perjalanan akan diarahkan ke pintu masuk area pemeriksaan keamanan.

Baca juga:

Kendati demikan, harap diperhatikan bahwa layanan ini hanya berlaku untuk area pemeriksaan keamanan. Pelaku perjalanan masih harus menyisakan waktu untuk check-in dan mengurus bagasi di area keberangkatan.

Saat ini layanan pemesanan slot waktu pemeriksaan keamanan hanya berlaku untuk pelaku perjalanan yang akan terbang ke wilayah Schengen. Diharapkan destinasi lainnya akan menyusul dalam waktu dekat. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com