Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/04/2023, 16:04 WIB
Perdana Putra,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

PADANG, KOMPAS.com - Pantai Batu Kalang merupakan salah satu tempat wisata yang ramai dikunjungi saat libur Lebaran 2023.

Terletak di Nagari Ampang Pulai, Kecamatan Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, pantai ini sudah terkenal hingga ke mancanegara.

Ini terbukti ketika ketika Kompas.com berkunjung ke pantai ini terlihat rombongan turis asing menikmati suasana indah pantai, Kamis (28/4/2023).

Baca juga: Desa Wisata Nyarai di Sumbar, Punya Ekowisata Sungai dan Air Terjun

Mencari lokasi Pantai Batu Kalang ini cukup mudah. Kalau dari Padang menuju Pesisir Selatan selepas Pasar Tarusan, belok ke kanan menuju kawasan Mandeh dengan waktu sekitar satu jam perjalanan.

Pantai ini juga masuk dalam kawasan Mandeh yang dikenai sebagai wisata terbaik di Pesisir Selatan. Sebelum tiba di Pantai Batu Kalang, pengunjung akan bertemu dengan rumah-rumah warga yang dilengkapi kapal nelayan.

Aktivitas nelayan di pagi hari akan menambah daya pikat tersendiri jika kita sudah jenuh dengan suasana perkotaan.

Setelah melewati rumah-rumah warga, wisatawan akan bertemu dengan Pantai Batu Kalang. Pantai dengan pasir putih dan batu-batu besar yang menjadi daya tarik tersendiri.

Untuk masuk ke kawasan ini, pengunjung tidak perlu membayar mahal. Cukup bayar biaya parkir kendaraan dengan harga standar Rp 5.000 per kendaraan.

Di pantai ini pedagang sudah menyediakan tempat duduk untuk bersantai memandangi laut. Pengunjung juga bisa mendapatkan kuliner tradisional seperti sate lengkitang, ikan karang dan lainnya dengan harga standar.

Pesona Pantai Batu Kalang

Wali Nagari atau Kepala Desa Ampang Pulai, Efridinal mengakui Pantai Batu Kalang merupakan salah satu objek wisata andalan Ampang Pulai.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
28th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com