Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanah Datar di Sumbar Targetkan 2 Juta Kunjungan Wisatawan pada 2023

Kompas.com - 02/03/2023, 22:27 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

KOMPAS.com - Target jumlah kunjungan wisatawan ke Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, mengalami peningkatan menjadi hingga dua juta wisatawan pada tahun 2023. 

"Kalau tahun lalu kita kedatangan satu juta orang pengunjung, tahun ini target wisatawan berkunjung ke Kabupaten Tanah Datar mencapai dua juta orang," ujar Bupati Tanah Datar, Eka Putra, dikutip dari Antara, Kamis (2/3/2023).

Baca juga:

Dalam memenuhi target tersebut, pihaknya mempromosikan daya tarik wisata yang ada, salah satunya melalui kalender wisata.

Tidak hanya itu, beraneka ragam kegiatan berskala nasional dan regional juga disiapkan untuk menggaet wisatawan. 

Baca juga: Sensasi Ikut Tradisi Makan Bajamba Asal Minangkabau, Berbalas Pantun

Tari Pasambahan dan Tari Piring di Desa Wisata Kampuang Minang Nagari Sumpu di Tanah Datar, Sumatera Barat. KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Tari Pasambahan dan Tari Piring di Desa Wisata Kampuang Minang Nagari Sumpu di Tanah Datar, Sumatera Barat.

Kegiatan yang dimaksud, antara lain Pacu Jawi, Pagaruyung Art Festival, Festival Pesona Minangkabau, dan Paragliding Top of Indonesia (TROI).

"Dengan kekayaan wisata yang beragam itu diharapkan mampu menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk datang ke Kabupaten Tanah Datar," kata Bupati.

Baca juga:

Adapun menurut Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Parpora) Tanah Datar Hendri Agung Indrianto, terdapat 50 kegiatan wisata yang disiapkan oleh Pemerintah Kabupaten Tanah Datar.  

Kegiatan tersebut bermula dari acara di Nagari Parambuhan pada Sabtu (11/3/2023), lalu berakhir dengan Festival Pesona Minangkabau pada Desember 2023.

Baca juga: Malamang, Tradisi Minangkabau untuk Kebersamaan Jelang Ramadhan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com