Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/05/2023, 17:05 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Berkunjung ke Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, ada suatu tempat wisata yang tidak boleh dilewatkan, yaitu Benteng Pendem Cilacap. 

Benteng ini merupakan peninggalan kolonial Belanda yang dibangun secara bertahap selama 18 tahun, tepatnya dari tahun 1861 sampai dengan 1879.

Adapun Benteng Pendem Cilacap mempunya nama asli Kustbatterij Op De Landtong Te Tjilatjap yang berarti suatu bangunan benteng yang menjorok ke arah laut di Cilacap.

Baca juga:

"Benteng dulunya dibuat sebagai pertahanan karena lokasinya yang strategis, dekat dengan laut dan pelabuhan sebagai tempat keluar-masuk," kata pengelola Benteng Pendem Cipacap bernama Aris kepada Kompas.com, Rabu (3/5/2023).

Memiliki bangunan yang masih kokoh dengan sebagian besarnya berbahan dari batu bata, benteng yang dikelilingi oleh parit ini bisa dikunjungi wisatawan setiap hari.

Jam bukanya adalah mulai pukul 06.30 hingga 16.30 WIB. Harga tiket masuk benteng mulai Rp 7.500 untuk anak-anak maupun dewasa, berlaku sama di hari kerja (weekdays) maupun akhir pekan (weekend). 

Aktivitas di Benteng Pendem Cilacap

Lalu, apa saja yang bisa dilakukan saat berwisata ke Benteng Pendem Cilacap? Tidak hanya belajar sejarah dari bangunan, berikut beberapa alternatif lainnya. 

1. Lihat benteng dan tambah ilmu

Aktivitas utama di Benteng Pendem Cilacap tentu saja untuk wisata sejarah sekaligus edukasi. Selama kurang lebih 1-2 jam, kamu bisa berkeliling kawasan benteng seluas sekitar 10,5 hektar ini.

Benteng Pendem Cilacap, Jawa Tengah. KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Benteng Pendem Cilacap, Jawa Tengah.

Saat berkeliling, kamu akan menemukan bangunan-bangunan peninggalan kolonial Belanda yang masih berdiri kokoh dan membayangkan kehidupan mereka pada zaman dahulu.  

Baca juga: Panduan Lengkap Wisata ke Benteng Pendem Cilacap, Liburan Murah Meriah

Meski terdapat plang penunjuk arah dan papan informasi nama ruangan, Benteng Pendem Cilacap tidak menyediakan deskripsi masing-masing ruangan.

Oleh karena itu jika ingin menambah ilmu sejarah lebih banyak dan ditemani pemandu, kamu bisa menyewa jasa tour guide di depan pintu masuk saat registrasi, dengan biaya mulai Rp 50.000. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com