Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Aktivitas di Taman Proklamasi, Lihat Tugu Kemerdekaan Indonesia

Kompas.com - 07/08/2023, 16:04 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Berwisata saat akhir pekan atau menghabiskan waktu luang di Jakarta, bisa dengan mengunjungi taman. Salah satunya adalah Taman Proklamasi atau Taman Proklamator di Menteng, Jakarta Pusat. 

Taman ini bisa jadi alternatif tempat melepas penat, sekaligus menambah wawasan dan pengetahuan terkait sejarah proklamasi kemerdekaan Indonesia. 

"Siapa pun yang berkunjung ke situ (taman), enggak cuma datang, tapi bisa juga belajar maknanya," kata Humas UPK Monas Nursamin, saat ditemui Kompas.com, Rabu (2/8/2023).

Baca juga: Pengalaman ke Taman Proklamasi di Menteng, Tapak Tilas Kemerdekaan

Taman Proklamasi dapat ditemukan di Jalan Proklamasi Nomor 10, Pegangsaan, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat.

Jam buka taman ini adalah setiap hari Selasa-Minggu, sedangkan hari Senin tutup. Adapun waktunya adalah setiap pukul 06.00-16.00 WIB.

Aktivitas di Taman Proklamasi

Lantas, apa saja yang bisa dilakukan di Taman Proklamasi? Berikut Kompas.com rangkum beberapa kegiatan yang bisa dilakukan di sana. 

1. Bersantai di taman

Sesuai namanya, Taman Proklamasi tidak hanya menyimpan tugu dan monumen penting yang berkaitan dengan proklamasi Indonesia. Tugu-tugu tersebut dikelilingi oleh taman yang indah.

Fasilitas di Taman Proklamasi atau Taman Proklamator, Menteng, Jakarta Pusat. KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Fasilitas di Taman Proklamasi atau Taman Proklamator, Menteng, Jakarta Pusat.

Menurut Nursamin, taman tersebut sudah menjadi satu kesatuan dengan tugu peringatan. Banyak pengunjung yang datang untuk bersantai di taman, jalan-jalan, atau sekedar duduk-duduk melepas lelah. 

Pengunjung juga bisa piknik atau makan dan minum di taman ini, selama menjaga kebersihan dan ketertiban. Selain itu, kata petugas, ada juga beberapa pengunjung yang membuat konten di Taman Proklamasi. 

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com