Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/09/2023, 09:40 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Gambaran Jakarta di masa depan ketika tidak lagi menjadi Ibu Kota tengah dipamerkan di pameran seni bernama Jakarta Architecture Festival.

Tema yang diusung pada pameran ini adalah "Jakarta in Transition", yaitu penggambaran Jakarta pada masa transisi yang lebih mengedepankan ruang terbuka hijau dan ruang publik di masa depan.

"Banyak proyek di Jakarta dibangun atau tidak dibangun karena kepentingan politik. Tapi, pada saat Jakarta tidak lagi jadi Ibu Kota, Jakarta terbebas dari kepentingan politik," kata Kurator Jakarta Architecture Festival 2023, Cosmas d. Gozali kepada Kompas.com, Minggu (24/9/2023).

Baca juga: Mampir ke Jakarta Architecture Festival 2023, Dengar Suara dari Pinggir Jakarta

Ia melanjutkan, desain bangunan yang mengutamakan ruang publik dan ruang terbuka hijau sejalan dengan aspek yang selama ini dibutuhkan oleh masyarakat di bantaran sungai, seperti banyak ditemukan di sudut-sudut Jakarta.

Adapun Jakarta Architecture Festival dapat dikunjungi secara gratis untuk umum hingga Sabtu (30/9/2023). Lokasinya di lantai 77 Autograph Tower, Thamrin Nine Tower, Jalan M.H Thamrin Nomor 10, Jakarta Pusat.

Bila baru pertama kali datang berkunjung, beberapa tips berkunjung mungkin bisa membantu memaksimalkan waktu kunjunganmu.

Baca juga: Cara Kunjungi Jakarta Architecture Festival 2023, Wajib Registrasi

Tips berkunjung ke Jakarta Architecture Festival 2023

1. Datang lebih awal

Saat hari biasa, pameran buka mulai pukul 11.00 WIB sampai pukul 20.00 WIB. Sedangkan saat akhir pekan, pameran buka mulai pukul 09.00 WIB sampai pukul 20.00 WIB.

Jika ingin melihat pameran dengan suasana yang tidak terlalu ramai, Kompas.com menyarankan pengunjung datang saat hari biasa dan datang lebih awal setelah pameran dibuka.

Jakarta Architecture Festival 2023 di Thamrin Nine Tower, Minggu (24/9/2023).Kompas.com/Suci Wulandari Putri Jakarta Architecture Festival 2023 di Thamrin Nine Tower, Minggu (24/9/2023).

Pengunjung yang datang lebih awal punya waktu lebih banyak untuk melihat pameran dan berfoto di lokasi. 

Menurut pengalaman Kompas.com dan keterangan dari Ade, petugas di lokasi, pengunjung akan lebih ramai menjelang sore dan malam.  

Kalau datang menjelang malam, antrean pengunjung di meja registrasi juga jauh lebih panjang. Akan tetapi, bonusnya pada malam hari pengunjung dapat melihat pemandangan kota Jakarta dari ketinggian.

Baca juga: Jakarta Architecture Festival 2023: Lokasi, Jam Buka, dan Harga Tiket

2. Pakai pakaian yang sesuai

Jakarta Architecture Festival 2023 di Thamrin Nine Tower, Minggu (24/9/2023).Kompas.com/Suci Wulandari Putri Jakarta Architecture Festival 2023 di Thamrin Nine Tower, Minggu (24/9/2023).

Pameran Jakarta Architecture Festival 2023 didesain semenarik mungkin guna menarik perhatian pengunjung. Hal ini dapat dilihat dari tata letak karya seni dan pemilihan warna pajangan.

Pajangan di pameran tampak estetis, karena didominasi warna-warna monokrom.

Memakai pakaian berwarna monokrom sepertinya bisa jadi pilihan yang tepat saat berkunjung. Kompas.com juga menyarankan untuk tidak mengenakan pakai dengan warna mencolok seperti motif bunga-bunga, karena akan kontras dengan pajangan di pameran.

Baca juga: Cara ke Jakarta Architecture Festival 2023 Naik KRL dan MRT

3. Minta bantuan petugas

Sekilas, pameran di lokasi tampak seperti pameran pada umumnya yang memamerkan rancangan bangunan. Padahal jika dilihat lebih dekat, banyak cerita penuh makna di balik hadirnya pameran.

Jika pengunjung merasa bingung, jangan ragu minta bantuan dan bertanya kepada petugas di lokasi. Misalnya, jika ingin mengetahui lebih jauh makna di balik setiap karya.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com