Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jumlah Kunjungan Mal Diprediksi Naik 10 Persen Selama Libur Imlek

Kompas.com - 31/01/2024, 21:03 WIB
Silvita Agmasari

Editor

Sumber Antara

KOMPAS.com - Asosiasi Pengusaha Pusat Perbelanjaan Indonesia (APPBI) memprediksi kunjungan di pusat perbelanjaan pada libur Tahun Baru Imlek 2024 meningkat 10 persen dibandingkan dengan periode yang sama pada 2023. 

“APPBI memprediksi hanya naik 10 persen dibandingkan 2023,” ujar Ketua Umum APPBI Alphonzus Widjaja saat ditemui di sela-sela Rakernas APPBI 2024 yang digelar di Jakarta, Rabu.

Dirinya menilai, Imlek termasuk libur panjang karena berdekatan dengan libur nasional lain, yaitu Kamis, 8 Februari 2024 perayaan Isra’ Mi’raj, Jumat, 9 Februari 2024 cuti bersama serta Sabtu, 10 Februari Tahun Baru Imlek disusul hari Minggu.

Baca juga: 10 Mal yang Gelar Atraksi Barongsai di Jakarta, Sudah Mulai Pekan Ini

Sementara pada hari libur yang panjang ini, masyarakat kelas menengah ke atas umumnya bepergian ke luar negeri, sementara kelas menengah ke bawah akan berwisata ke daerah lain.

“Kalau yang kelas menengah ke bawah karena infrastruktur jalan tol di Indonesia sudah bagus apalagi di Jawa-Bali sudah begitu nyaman akan banyak yang jalan-jalan lagi,” ujarnya.

Lebih lanjut, pada momentum Ramadhan dan Idul Fitri dinilai akan meningkat 20-30 persen dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu.

Baca juga: Rekomendasi Destinasi Wisata Imlek Dalam Negeri dari Kemenparekraf

Pihaknya pada 2024 ini pun menargetkan adanya peningkatan kunjungan sebesar 20-30 persen dari kunjungan pada tahun lalu.

Peningkatan ini diproyeksikan bakal terjadi, karena pada 2023 masyarakat antusias untuk bepergian sebagai imbas pandemi COVID-19 yang membatasi pergerakan.

“Pada 2024, wisata tidak akan seluas biasa seperti 2023. Akan mulai normal, tapi bukan turun ya, 2023 kan luar biasa fenomena wisata sehingga kami tidak harus berbagi lagi dengan wisata, jadi ada peningkatan,” paparnya.

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com