Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Wisata Petik Timun Suri di Bekasi, Berapa Harganya?

Kompas.com - 13/03/2024, 10:26 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

Sumber Antara

KOMPAS.com - Timun suri identik dengan bulan Ramadan. Wisatawan bisa merasakan pengalaman memetik buah ini langsung dari kebunnya di Desa Sriamur, Kecamatan Tambun Utara, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Wisata petik timun suri di kebun ini dikembangkan oleh para petani di desa tersebut.

Baca juga: Kebun Teh Pagilaran di Batang, Petik dan Lihat Produksi Teh Langsung

Salah satu petani timun suri, Soka Ali Sabana menyampaikan, wisatawan bisa merogoh kocek mulai Rp 4.000 untuk satu kilogram timun suri yang matang di pohon.

"Harganya Rp 4.000 per kilogram. Jenis timun surinya pun beragam, ada yang berkulit hijau maupun kuning emas. Semua jenis harganya sama," tutur Soka Ali, dikutip dari Antara, Rabu (13/3/2024).

Selain dibeli oleh pengunjung yang langsung datang ke kebunnya, timun suri miliknya juga diborong oleh pengepul dari luar daerah, antara lain Jakarta dan Bandung.

"Iya katanya kalau timun suri dari wilayah kita rasanya beda. Manis, pulen, dan lebih wangi," jelasnya.

Baca juga:

Jadi daya tarik wisata

Warga Kecamatan Tambelang Annah (34) menunjukkan timun suri hasil membeli langsung dari pohon milik petani di Desa Sriamur, Kecamatan Tambun Utara, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Selasa (12/3/2024).Dok. ANTARA/Pradita Kurniawan Syah Warga Kecamatan Tambelang Annah (34) menunjukkan timun suri hasil membeli langsung dari pohon milik petani di Desa Sriamur, Kecamatan Tambun Utara, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Selasa (12/3/2024).

Wisata petik timun suri di kebun ini pun menjadi daya tarik wisatawan lokal. 

"Lokasi ini sangat cocok dijadikan sebagai salah satu rekomendasi tempat ngabuburit bersama teman dan keluarga," ucap salah satu pengunjung bernama Annah.

Annah sengaja melipir ke tempat ini untuk membeli timun suri yang baru dipetik, sembari ngabuburit (menunggu buka puasa).

"Kalau beli langsung ke sini lebih fresh (segar) jadi kita bisa milih timun suri yang matang di pohon. Itu rasanya ada manis-manisnya dan harganya juga lebih murah," ujarnya.

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com