Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Kota di AS Tawarkan Insentif bagi yang Mau Pindah ke Sana

Kompas.com - 13/03/2024, 17:12 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Beberapa kota di Amerika Serikat menawarkan beragam insentif bagi orang yang ingin direlokasi ke kota tersebut.

Dikutip dari CNN Travel, program ini dikenal sebagai program insentif pekerja. Adapun beberapa keuntungan yang ditawarkan seperti keanggotaan gym gratis, fasilitas kerja bersama, bahkan makan malam bersama walikota.

MakeMyMove.com, yaitu platform daring yang menghubungkan antara pekerja jarak jauh dan lokasi yang memberikan penawaran ini mencatat adanya peningkatan permintaan lebih dari dua kali lipat dalam beberapa tahun terakhir.

Pada 2023, tercatat lebih dari 50.000 orang mendaftar melalui platform tersebut.

Berikut beberapa kota dan negara bagian di Amerika Serikat yang menawarkan insentif bagi penduduk baru.

Baca juga: 5 Tips Wisata ke Taman Nasional di Amerika, Rencanakan Kunjungan

1. Tulsa, Oklahoma

Tulsa pertama kali menawarkan program pemberian intensif kepada penduduk baru pada 2018. Adapun nominal intensif yang ditawarkan yakni sekitar $10.000.

Program ini ditawarkan kepada pekerja dan pengusaha yang bisa bekerja jarak jauh. Ada sekitar 2.900 orang yang telah diterima pada Desember 2022.

Direktur pelaksana Tulsa Remote, Justin Harlan mengatakan bahwa program ini juga menghasilkan perkiraan pendapatan pajak penjualan baru sebesar $2,5 juta untuk Tulsa County dan $3,1 juta untuk negara bagian Oklahoma.

Saat ini kesempatan menjadi penduduk baru di Tulsa masih terbuka, karena pada 2027 program ini menargetkan sekitar 4.000 penduduk baru.

Adapun syarat untuk ikut program ini yaitu usia minimal 18 tahun, telah tinggal di luar Oklahoma setidaknya selama satu tahun sebelum melamar, dan pindah ke Tulsa dalam waktu 12 bulan setelah persetujuan.

2. Virginia Barat

Program insentif untuk penduduk baru di Virginia Barat dikenal dengan nama Ascenders. Adapun insentif yang ditawarkan meliputi uang tunai total $12,000.

Uang ini akan diberikan secara bertahap, pada tahun pertama diberikan $10,000, dan pada tahun kedua diberikan tambahan $2,000.

Selain itu ada pula fasilitas luar ruangan seperti tiket masuk gratis untuk panjat tebing, ziplining, golf, serta akses ke ruang kerja bersama. Hingga saat ini lebih dari 42.500 permohonan telah diterima.

Baca juga: 9 Aturan Aneh di Negara Bagian Amerika Serikat, Ilmu Gaib Dilarang

Pelamar yang ingin direlokasi ke Virginia Barat dapat memilih komunitas Ascend, mulai dari suasana kota pegunungan kecil di Lembah Greenbrier hingga petualangan luar ruangan yang berlimpah di taman nasional terbaru di negara tersebut.

3. Indiana

Beberapa insentif yang ditawarkan kepada penduduk baru di Indiana meliputi paket senilai 15.000 dollar AS di Noblesville, dana hibah relokasi sebesar $5.000, satu musim golf gratis di dua lapangan, dan minum kopi bersama walikota.

Sementara penduduk baru yang mengambil rumah di kawasan Evansville, akan mendapatkan total insentif sebesar 7.200 dollar AS.

Insentif ini mencakup uang tunai sebesar 15.000 dollar AS, tiket masuk museum, dan keanggotaan satu tahun di hutan tua perkotaan tertua, Amerika Serikat.

Baca juga: Lucu, Ada Robot Pengantar Makanan di Bandara Amerika Serikat

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com