Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ke Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat Naik Kendaraan Pribadi, Ini Rutenya

Kompas.com - 17/03/2024, 09:09 WIB
Zeta Zahid Yassa,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat merupakan salah satu pilihan tempat wisata bagi Anda yang ingin berlibur ke Kota Bandung.

Berlokasi di Jalan Dipatiukur Kota Bandung, monumen memiliki letak yang strategis dan mudah dikunjungi, baik oleh pengunjung lokal maupun luar kota.

Monumen ini menyimpan koleksi benda-benda yang digunakan masyarakat saat berjuang melawan penjajah.

Baca juga: Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat, Banyak Diorama Perlawanan Rakyat terhadap Penjajah

Ada pula diorama-diorama yang mengisahkan seputar event atau kejadian pada masa perjuangan.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Bagi Anda pengunjung luar kota yang berasal dari luar kota, berikut adalah rute ke Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat dengan kendaraan pribadi.

Rute ke Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat

Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat terletak di Jalan Dipati Ukur nomor 48, Lebakgede, Kecamatan Coblong, Kota Bandung. Lokasinya dekat dengan Universitas Padjajaran dan Gedung Sate.

Jika naik kendaraan pribadi dari Jakarta, Anda dapat menggunakan jalur tol yang tersedia menuju ke Kota Bandung.

Baca juga: Cara ke Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat Naik DAMRI, Tidak Sulit

Anda dapat memasuki tol melalui tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) dan kemudian menggunakan tol Jakarta-Cikampek yang melalui Jalan Layang Mohamed bin Zayed (MBZ) menuju jalur tol Purbaleunyi.

Kemudian, Anda dapat menggunakan pintu keluar tol Pasteur, Bandung. Setelah keluar dari jalur tol Pasteur, Anda hanya perlu mengikuti jalur utama di Pasteur dan melalui Jalan Layang Pasupati menuju ke Dipatiukur.

Jarak total yang ditempuh dari Jakarta menuju Monumen Perjuangan kurang lebih sekitar 150 kilometer (km) dengan waktu tempuh sekitar 3 jam.

Jika Anda pengunjung yang menggunakan kendaraan pribadi roda 4 dari Bogor, Anda juga dapat menggunakan jalur tol untuk menuju ke Kota Bandung.

Baca juga: Museum Monumen Perjuangan di Bandung: Harga Tiket dan Jam Buka

Dari Kota Bogor, Anda dapat masuk ke tol Jagorawi yang pintu masuknya berlokasi di tengah kota berdekatan dengan Botani Square Bogor.

Jalur tol Jagorawi akan menghubungkan Anda menuju jalur tol lingkar luar Jakarta yang menembus ke Bekasi.

Sejumlah warga bermain di area Monumen Perjuangan Jawa Barat, Kota Bandung, Kamis (28/12/2023).Kompas.com/Faqih Rohman Syafei Sejumlah warga bermain di area Monumen Perjuangan Jawa Barat, Kota Bandung, Kamis (28/12/2023).

Setelahnya, Anda dapat menggunakan Jalan Layang Mohamed bin Zayed (MBZ) menuju tol Purbaleunyi dan menuju ke pintu keluar tol Pasteur, Kota Bandung.

Menurut Google Maps, jarak total yang ditempuh dari Kota Bogor menuju Monumen Perjuangan Kota Bandung kurang lebih 180 km dengan waktu tempuh sekitar 3 jam 30 menit.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com