Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Museum Mandiri di Jakarta: Lokasi, Jam Buka, dan Tiket Masuk

Kompas.com - 24/03/2024, 08:16 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

KOMPAS.com - Museum Mandiri termasuk museum yang berjarak dekat dengan kawasan Kota Tua di Jakarta Barat. Museum ini menempati bangunan kuno yang sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. 

Dilaporkan oleh Kompas.com, Rabu (26/10/2022), bangunan museum mandiri didirikan tahun 1929, kemudian difungsikan tahun 1933. 

Baca juga:

Mulanya, Museum Mandiri merupakan De Factorij Batavia, kantor perwakilan perusahaan perbankan Belanda, Nederlandsche Handel-Maatschappij (NHM), untuk Hindia-Belanda. 

Beragam koleksi soal perbankan bisa dijumpai di museum ini, mulai dari dokumen, alat hitung kuno, sampai surat penting pada zaman dahulu. 

Lokasi Museum Mandiri

Seni kaca patri di Museum Mandiri yang menggambarkan tiga bagian yakni kisah perjalanan orang Belanda untuk menemukan Nusantara, kekaguman Belanda pada Ibu Pertiwi Nusantara, dan prasasti bagi sosok berpengaruh di NHM dan Belanda.ANTARA/Aji Cakti Seni kaca patri di Museum Mandiri yang menggambarkan tiga bagian yakni kisah perjalanan orang Belanda untuk menemukan Nusantara, kekaguman Belanda pada Ibu Pertiwi Nusantara, dan prasasti bagi sosok berpengaruh di NHM dan Belanda.

Museum Mandiri beralamat di Jalan Lapangan Stasiun Nomor 1, Kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat.

Jaraknya dari Stasiun Jakarta Kota dan Halte Busway Kota cukup dekat yakni 300 meter, dengan durasi berjalan kaki sekitar lima menit.

Baca juga:

Jam buka dan tiket masuk Museum Mandiri

Museum Mandiri buka dari Selasa sampai Minggu, dan tutup setiap Senin dan hari libur nasional.

Wisatawan bisa mengunjunginya dari pukul 09.00 WIB sampai 15.00 WIB. 

Harga tiket masuk ke Museum Mandiri mulai Rp 5.000 untuk umum, serta mulai Rp 3.000 untuk pelajar, mahasiswa, atau nasabah Bank Mandiri, dikutip dari Kompas.com, Sabtu (18/6/2022).

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com