Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Desa Wisata Religi di Indonesia untuk Isi Libur Lebaran

Kompas.com - 29/03/2024, 13:09 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Selain mengunjungi desa wisata edukasi nan menghibur, tidak ada salahnya untuk mampir juga ke desa wisata religi di Indonesia yang punya menawarkan beragam pengalaman mengesankan.

Para pengunjung bisa datang saat libur Lebaran 2024, dengan keluarga untuk menambah pengalaman bulan Ramadhan tahun ini.

Di antara desa wisata ini, ada yang berada di Pulau Jawa dan beberapa lainnya lagi berada di luar Pulau Jawa, seperti Sulawesi.

Yuk, simak sembilan desa wisata religi di Indonesia yang satu ini.

Baca juga:

1. Desa Wisata Paduga Bagelen

Desa Wisata Paduga Bagelen berjarak sekitar 13 kilomter dari pusat kota Purworejo. Daerah tersebut terkenal dengan wisata religinya, seperti petilasan Sunan Geseng. Sunan Geseng adalah murid dari Sunan Kalijaga.

Selain itu, ada Masjid Santren yang bisa dijadikan destinasi wisata religi yang selanjutnya. Masjid tersebut diberikan kepada Syekh Badlowi.

Tak hanya sampai di situ saja, ada kegiatan ziarah ke pesarean Nyai Bagelen yang merupakan istri dari Pangeran Awu-awu Langit.

2. Desa Wisata Alam Religi Wanasari

Desa Wisata Alam Religi Wanasari berada di Wanasari, Angkona, Luwu Timur, Sulawesi Selatan. Destinasi wisata yang satu ini menawarkan keindahan alam berupa hamparan sawah dan perbukitan dengan keindahan pura.

Terdapat pura yang ada di kaki Gunung Wanasari yang sejuk. Tempat suci umat Hindu ini juga dikelilingi oleh sawah yang masih dijadikan tempat bertani warga sekitar.

3. Desa Wisata Religi Sendangduwur

Desa Sendangduwur berada di Sendangduwur, Paciran, Lamongan, Jawa Timur. Desa wisata di Lamongan yang satu ini merupakan tempat makan Sunan Sendang.

Umumnya makam tersebut dijadikan tempat untuk ziarah warga setempat hingga wisatawan lokal. Selain dijadikan wisata religi, wisatawan juga bisa melihat pembuatan kerajinan batik tulis, emas, hingga bordir.

4. Desa Wisata Religi Astana

Desa Wisata Religi Astana terletak di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Di sana, wisatawan akan menemukan Makam Sunan Gunung Jati, salah satu dari sembilan Walisongo yang memperkenalkan agama Islam di Pulau Jawa.

Saat mengunjungi desa ini, wisatawan juga bisa melakukan ziarah ke Makam Sunan Gunung Jati atau ikut serta dalam beberapa tradisi yang ada, seperti Grebeg Syawal Makam Sunan Gunung Jati.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com