Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KAI Sediakan 739.000 Kursi Saat Long Weekend Kenaikan Yesus Kristus

Kompas.com - 07/05/2024, 18:08 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia atau KAI (Persero) menyediakan 739.782 tempat duduk penumpang untuk periode libur panjang (long weekend) Kenaikan Yesus Kristus mulai Rabu (8/5/2024) sampai Minggu (12/5/2024).

Terdapat 1.509 kereta api (KA) yang beroperasi, terdiri dari 1.101 KA Jarak Jauh dan 408 KA Lokal.

Baca juga: Kereta Api Lodaya Gunakan Kereta Eksekutif dan Ekonomi Stainless Steel New Generation Mulai 1 Mei 2024

"Peningkatan jumlah perjalanan KA ini merupakan bagian dari komitmen KAI untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan, terutama pada masa high season seperti long weekend ini,” kata VP Public Relations KAI, Joni Martinus dalam siaran resmi yang Kompas.com terima, Selasa (7/5/2024).

Joni memaparkan, terdapat penambahan enam perjalanan KA Jarak Jauh yang beroperasi pada periode long weekend dibanding dengan jumlah perjalanan KA pada pekan sebelumnya, yakni mulai Rabu (1/5/2024) sampai Minggu (5/5/2024).

Adapun KA-KA yang ditambah adalah empat perjalanan KA Argo Cheribon relasi Gambir - Cirebon pergi pulang (pp) dan dua perjalanan KA Argo Parahyangan Tambahan relasi Gambir - Bandung pp.

"Penambahan frekuensi perjalanan kereta api tersebut ditujukan untuk mengantisipasi peningkatan volume pelanggan pada libur panjang akhir pekan di awal bulan Mei 2024," tuturnya.

Baca juga:

Ilustrasi penumpang kereta api. Simak jadwal dan harga tiket KA Argo Cheribon rute Tegal - Cirebon - Gambir PP pada GAPEKA 2023 yang akan berlaku per 1 Juni 2023.
Dok. PT KAI Daop 1 Jakarta Ilustrasi penumpang kereta api. Simak jadwal dan harga tiket KA Argo Cheribon rute Tegal - Cirebon - Gambir PP pada GAPEKA 2023 yang akan berlaku per 1 Juni 2023.

Lebih lanjut disampaikan bahwa berdasarkan pantauan pada Selasa (7/5/2024), total tiket KAyang terjual untuk periode keberangkatan Rabu (8/5/2024) sampai Minggu (12/5/2024) yakni 439.433 tiket atau rata-rata 87.887 tiket per hari.

Jumlah tersebut telah mencapai 59 persen dari total keseluruhan tiket kereta api yang dijual.

Angka penjualan tiket, kata Joni, masih akan terus bergerak seiring dengan mendekati masa long weekend.

Baca juga: 10 Kereta Api Jarak Jauh Favorit untuk Angkutan Lebaran 2024

Joni menambahkan, sejauh ini rute favorit masyarakat pada periode long weekend tersebut adalah Jakarta-Surabaya pp, Jakarta-Solo pp, Jakarta-Malang pp, Yogyakarta-Banyuwangi pp, dan Blitar-Bandung pp.

Masyarakat yang telah merencanakan bepergian pada periode long weekend libur Kenaikan Yesus Kristus, tapi belum memiliki tiket, dapat segera membelinya lewat aplikasi KAI Access, situs web kai.id, ataupun kanal lainnya yang bekerja sama dengan KAI.

Apabila tiket yang diinginkan sudah habis, masyarakat dapat memilih tanggal dan rute alternatif atau memanfaatkan fitur Connecting Train di aplikasi Access by KAI.

Fitur tersebut nantinya akan membantu memberikan opsi perjalanan dengan mengombinasikan jadwal kereta yang bersifat persambungan.

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com