Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keindahan Pantai Lancok di Aceh Utara, Wisata Dekat Kota Lhokseumawe

Kompas.com - 03/07/2024, 10:32 WIB
Masriadi ,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

LHOKSEUMAWE, KOMPAS.com – Pesona Pantai Lancok, di Kecamatan Syamtalira Bayu, Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh, makin indah.

Warga lokal yang mengelola pantai itu terus mempercantik keindahan pantai. Mereka membangun pondok tempat duduk bersantai yang nyaman untuk wisatawan.

Tak hanya karena penataan. Pantai Lancok juga menawarkan keindahan alami yang mampu memikat hati setiap pengunjung.

Baca juga: Indahnya Pantai Lancok Aceh Utara yang Punya Kuliner Mi Kepiting Lezat

Tempat ini pun dikenal akan kuliner khas Aceh yang lezat. Berbagai warung di sekitar pantai menawarkan hidangan laut segar, seperti ikan bakar, sate gurita, udang dan paling dikenal mi kepiting.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

“Makin bagus ditata, makin banyak pengunjung yang datang. Apalagi letaknya tak terlalu jauh dari lintas nasional Medan-Banda Aceh,” terang seorang pengunjung Haifa, asal Kota Lhokseumawe, Selasa (2/7/2024).

Apalagi, pantai itu juga dijaga kebersihannya oleh warga lokal. Membuat pengunjung nyaman untuk sekadar bersantai, atau mandi di laut lepas.

Baca juga: Pantai Lancok, Pilihan Wisata Pantai di Aceh Utara

Ada beragam aktivitas yang bisa dilakukan wisatawa, mulai dari bermain air, jalan-jalan di atas pasir pantai, hingga kulineran.

Rute ke Pantai Lancok di Aceh Utara

Untuk menuju pantai ini dari Kota Lhokseumawe, dapat menggunakan rute jalan nasional Medan-Banda Aceh.

Setiba di Lapangan Sepak Bola Bayu, atau Masjid Agung Bayu, ikutilah jalan aspal berbelok ke kanan. Jalanan mulus itu sekitar 5 kilometer.

Baca juga: Pembunuh Gajah Ditangkap di Aceh Utara, Gading Disita di Aceh Barat

Di ujung jalan, lihatlah laut lepas di sisi kanan. Maka, disanalah destinasi itu berada. Sepanjang jalan, akan terlihat pamflet warung dan makanan dikelola warga lokal.

Suasana Pantai Lancok, Kecamatan Syamtalira Bayu, Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh, Selasa (2/7/2024)KOMPAS.COM/MASRIADI SAMBO Suasana Pantai Lancok, Kecamatan Syamtalira Bayu, Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh, Selasa (2/7/2024)

Jarak tempuh menuju Pantai Lancok dari Kota Lhokseumawe cukup dekat, yakni sekitar 15,5 kilometer dengan waktu tempuh kurang-lebih 30 menit.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com