Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Tur Lombok-Sumbawa Gratis? Ini Caranya...

Kompas.com - 31/08/2015, 18:32 WIB
Jonathan Adrian

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Acara "Lombok-Sumbawa World Travel Writters Gathering 2015" kembali digelar. Tahun 2015 ini menjadi kali kedua rangkaian ini digelar. Rangkaian akan terdiri dari dua kegiatan besar, tur Lombok-Sumbawa dan workshop.

 
Tur Lombok-Sumbawa akan berlangsung selama lima hari satu malam, meliputi beberapa tempat termasuk wilayah di kaki Gunung Rinjani hingga beberapa gili (pulau) yang populer seperti Gili Trawangan, Gili Kondo, dan Gili Lampu. Tur ini diberikan secara cuma-cuma untuk 13 peserta.

"Tujuan acara ini memang untuk merangkul para travel blogger untuk mengangkat NTB sebagai destinasi wisata unggul," ujar Teguh Nugroho Dewo, Ketua Penyelenggara Lombok-Sumbawa Travel Writers Gathering 2015, Jumat (28/8/2015).

 
Sepuluh peserta akan diseleksi dari profesional travel writer blogger seluruh dunia. Proses pendaftaran sebagai calon peserta profesional ini terbagi dalam dua jalur: undangan dan mendaftar sendiri. Untuk jalur undangan, pihak Badan Promosi Pariwisata Daerah Nusa Tenggara Barat (BPPD NTB) selaku penyelenggara sendiri yang menentukan nama-namanya.

Sementara untuk pendaftaran sendiri, penulis profesional dapat mengirimkan CV ke pihak penyelenggara. Syaratnya, calon peserta harus seorang profesional blogger yang memang berprofesi membuat tulisan-tulisan perjalanan dan sudah dikenal. Beberapa indikator seperti jumlah visit blog juga menjadi pertimbangan.

 
Sementara untuk 3 peserta lain diambil dari juara tiga besar lomba tulis dan foto Lombok-Sumbawa. Tahun ini perlombaan mengambil tema "Holiday is Lombok-Sumbawa" yang dapat dimaknai secara bebas.
 
Lomba ini terbuka untuk umum. Peserta dari berbagai kalangan dan profesi dapat mendaftarkan karya tulis dan foto mereka. Syaratnya karya tersebut harus pernah dipublikasikan melalui media sosial. Batas pendaftaran jatuh pada 15 September 2015.
 
Pemenang akan diumumkan pada tanggal 30 September 2015 dan mengikuti tur Lombok-Sumbawa bersama 10 travel writer blogger profesional lainnya pada tanggal 14-18 Oktober 2015.
 
Untuk workshop sendiri akan diadakan tanggal 14 dan 15 Oktober 2015. Tahun ini materi yang diberikan seputar online marketing, Android marketing, Facebook marketing, merancang website, dan melakukan 'search engine optimizer' agar web atau blog kita sering muncul di Google.

Materi akan disampaikan oleh Arief Budiyanto dan Suryadin Laoddang, keduanya merupakan praktisi online marketing dan pembicara pelatihan online marketing di Indonesia. Workshop sendiri diberikan secara gratis dan ditujukan bagi para pengusaha agen perjalanan wisata di seluruh Indonesia dan dinas pariwisata provinsi.

 
Teguh sendiri mengaku NTB memiliki potensi-potensi wisata luar biasa, hanya saja pengelolaannya masih kurang. Melalui acara ini ia berharap NTB dapat dipertimbangkan sebagai wisata utama juga, tak hanya Bali.
 
Jika ingin mendaftar atau mengetahui info lebih lanjut perihal kegiatan, dapat mengunjungi www.twgathering.com.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com