Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rela Antre Demi Es Puter Bikinan Pak Guru

Kompas.com - 08/10/2015, 18:02 WIB

JAMBI, KOMPAS.com – Saat cuaca panas menyerang, paling enak memang menyeruput minuman dingin atau es. Nah, jika Anda mampir ke Kota Jambi, Anda akan menemukan jajanan es yang murah tetapi enak.

Namanya es puter, penyajiannya sangat sederhana, karena ini jajanan kaki lima. Namun es puter satu ini pelanggannya mulai tukang ojek, mahasiswa, pegawai kantoran, polisi, hingga pejabat negara.

antre
Pembeli rela antre demi segelas es puter buatan Pak Guru Fendi.  (Tribun Jambi/Teguh Suprayitno)

Tidak percaya? Datang saja ke jalan Raden Pamuk, Kasang, persis di samping kantor terminal BBM Pertamina, Kota Jambi. Anda akan melihat banyaknya orang antre hanya untuk merasakan lembutnya es puter buatan Pak Guru Fendi.

Sekilas komposisinya mirip dengan es doger, ada campuran tape ketan dan kacang merah. Namun tekstur es yang digunakan mirip dengan es krim, Rasanya begitu lembut.

“Kita sengaja buat sedikit lumer biar lebih enak, nggak kayak ice cream agak keras. Karena ini dibilang minuman bukan, dibilang makanan juga bukan,” kata Fendi.

es puter

Soal rasa, es puter memiliki kombinasi rasa asam tape, manis kacang merah yang dicampur gula aren dan lembutnya es pandan. Setiap hari Fendi bisa menyajikan hingga 250 gelas. Untuk satu gelas es puter dihargai Rp 7.000. (Tribun Jambi/Teguh Suprayitno)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com