Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Empat Tangsin Keluar Saat Perayaan Goan Siauw di Gorontalo

Kompas.com - 23/02/2016, 14:37 WIB
Kontributor Gorontalo, Rosyid A Azhar

Penulis

GORONTALO, KOMPAS.com– Arak-arakan perayaan Goan Siauw di Kelenteng Tulus Harapan Kita (Thian Hou Kiong) Kota Gorontalo menyita perhatian warga. Bahkan separuh kota yang dikenal Serambi Madinah ini macet.

Empat tangsin keluar tahun ini, mereka menaiki kio yang dipikul wargaTionghoa keliling kota Gorontalo. Prosesi arak-arakan diawali dengan pembakaran Hu di depan kelenteng untuk membuka jalan.

Bendera 36 panglima turut menyemarakkan prosesi ini setelah iring-iringan barongsai, ondel-ondel, dan naga. (Baca: Meriah, Meski Hujan Puluhan Barongsai tetap Menari)

“Prosesi perayaan Goan Siauw ini keluar berarti Tuhan memberkati Kota Gorontalo, kondisi masyarakat aman dan damai. Namun jika mengisyaratkan tangsin tidak keluar berarti kita diminta untuk waspada,” kata Chandra, di Kelenteng Thian Hou Kiong, Senin (22/2).

Atraksi tangsin yang menusuk tubuhnya dengan besi dan melukai tubuhnya dengan pedang menjadi tontonan warga Gorontalo. Atraksi ini yang menyedot perhatian warga. (Baca: Sensasi Menegangkan di "Pawai Tatung" Singkawang, Berani Lihat?)

Wali Kota Gorontalo, Marten Taha saat menghadiri prosesi ini menegaskan bahwa Kota Gorontalo terbuka luas bagi kegiatan umat Tri Dharma.

“Kalau boleh setiap tahun Tangsin selalu keluar, agar menjadi atraksi pariwisata daerah kita,” kata Marten Taha.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com