Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisatawan di Bali Cenderung Menumpuk di Situ-situ Saja...

Kompas.com - 03/08/2016, 20:32 WIB
Reza Pahlevi

Penulis

DENPASAR, KOMPAS.com - Untuk mengembangkan obyek wisata di daerahnya, pemerintah provinsi akan mengoptimalkan berbagai obyek wisata agar merata. Pembangunan akses jalan perlu ditingkatkan agar memberikan kemudahan bagi wisatawan menjangkau obyek wisata.

"Wisatawan cenderung menumpuk di tempat itu-itu saja, seperti Denpasar, Badung, dan Gianyar. Untuk mengoptimalkan wisata di Bali, perlu adanya pemerataan di seluruh daerah lainnya," ujar Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali, Agung Yuniartha, kepada Kompas.com pada acara pelatihan dasar Sumber Daya Manusia (SDM) kepariwisataan di Badung, Bali, Rabu (3/8/2016).

Salah satu upaya untuk pemerataan itu adalah merencanakan bandara baru di Kabupaten Buleleng, Bali. Agung menuturkan, pembangunan bandara tersebut akan dimulai pada 2017, dan akan dibangun di atas laut. Bahkan, lanjut dia, untuk keterjangkauan bandara tersebut akan dibuat juga akses jalan.

"Selain bandara, kami sudah merencanakan shortcut menuju bandara. Ini demi memudahkan wisatawan yang berkunjung," ujar Agung.

Dia menjelaskan, untuk ke bandara baru itu memerlukan waktu tempuh tiga jam melalui jalan darat. Dengan rencana akses jalanan baru itu waktu tempuh itu akan dipangkas menjadi 1,5 jam.

Tak hanya itu, untuk pemerataan juga akan dibuat pembentukan desa wisata. Desa-desa wisata itu akan melibatkan masyarakat lokal untuk mengelolanya.

"Saat ini sudah terbentuk 56 desa wisata untuk mencapai target 100 desa wisata pada 2018," kata Agung.

Dia menjelaskan, masyarakat desa tersebut dibina. Obyek wisata di kawasan itu juga akan dikembangkan sesuai ciri khas daerahnya masing-masing. Misalnya, jika desa wisata itu di daerah pegunungan, bisa dibuatkan olahraga berupa rute joging.

"Jika desa tersebut di daerah pertanian, kami akan buatkan obyek wisata menanam padi. Pokoknya nanti kami sesuaikan dengan daerahnya," ujar Agung.

Perlu diketahui, pada 2015 lalu total wisatawan asing yang ke Bali berjumlah 4 juta orang. Hingga Juni 2016, total wisatawan mancanegara yang berkunjung mencapai 2.300.000 orang.

"Tahun ini kami menargetkan 4.400.000 wisman yang akan menyambangi Bali," ujar Agung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com