Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pho, Mie Pencegah Flu Babi

Kompas.com - 08/10/2009, 18:00 WIB

HO CHI MINH, KOMPAS.com - Flu Babi atau H1N1 memang menjadi teror menakutkan akhir-akhir ini. Banyak negara panik dan bekerja keras mengatasinya, tak terkecuali Vietnam.

Namun, negeri komunis yang baru merdeka tahun 1975 ini tak terlalu khawatir dengan H1N1. Soalnya, mereka punya menu masakan yang dipercaya cukup ampuh mencegah flu mengerikan itu.

Ya, mereka punya masakan khas berupa Pho atau mie baso. Restauran Pho yang terkenal di Ho Chi Minh adalah Pho 24. Tempat ini selalu penuh dikunjungi. Tak hanya konsumen lokal, tapi juga para turis. Maka, setiap turis atau orang asing yang datang ke Vietnam, selalu direkomendasi untuk makan Pho dulu. Alasannya, biar mereka tahan terhadap H1N1 atau jika sudah membawa virus itu, bisa diperlemah oleh Pho.

Selain Pho mampu mengatasi H1N1, Restauran Pho 24 yang terletak di Jalan Khoi, Distrik 1 itu memang memiliki masakan yang terkenal enak.

Mie ini mirip dengan mie bakso kalau di Indonesia. Isinya terdiri dari mie, bakso, daun bawang dan lainnya.

Ada tiga pilihan. Pho Ga berarti mie dicampur daging ayam. Sedangkan Pho Bo dicampur dengan daging sapi. Sedangkan Pho Biet dicampur daging ayam dan sapi.

Sebagai daya tarik, untuk menyantap mie ini juga disediakan daun-daun perasa. Daun mirip pandan dan mirip kemangi selalu menjadi pelengkap, selain juga toge dan irisan bawang bombay dan jeruk nipis. Ada pula irisan cabe Vietnam yang rasanya bisa sampai ke otak.

"Wuaaah, mantap. Rasanya nendang nian," begitu komentar pengunjung dari Indonesia, Atajudin.

Memang, dedaunan itu rasanya sangat kuat. Seperti ada rasa mentos. Selain itu, rasa toge juga amat kuat. Apalagi ditambah irisan cabe Vietnam. Waaah, mata langsung keluar air dan wajah memerah.

Meski rasanya amat kuat, tapi tetap imbang. Sehingga, ketika awal agak kaget, tapi seterusnya menjadi ketagihan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com