Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gunung Agung dan Batur Aman bagi Turis

Kompas.com - 04/11/2010, 16:46 WIB

DENPASAR, KOMPAS.com - Status dua gunung berapi aktif yang ada di Bali, Gunung Batur dan Gunung Agung, dipastikan aman bagi aktivitas wisata dan masyarakat sekitarnya. Meski status waspada pada Gunung Batur setinggi 1.717 m di wilayah Kabupaten Bangli itu telah dikeluarkan sejak 8 November 2009 dan hingga kini belum dicabut.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (U2PT) Pusat Pengendalian Operasional (Pusdalops) Penanggulangan Bencana Provinsi Bali, Putu Anom Agustina, Kamis (4/11/2010) menjelaskan, kedua gunung berapi aktif tersebut belum menunjukkan peningkatan aktivitasnya.

"Walaupun status waspada Gunung Batur belum dicabut, tetapi dari hasil pemantauan, ada indikasi aktivitasnya kini sudah mengarah ke normal. Jadi masih aman untuk wisatawan," tegas Anom.

Ia menambahkan untuk Gunung Agung saat ini masih berstatus aman. Gunung di Karangasem setinggi 3.140 meter dari permukaan laut yang merupakan gunung tertinggi di Bali tersebut, juga tidak menunjukkan peningkatan aktivitas. Hasil penelitian geologi telah menyatakan tidak ada keterkaitan antara aktvitas gunung berapi yang satu dengan yang lain, termasuk Gunung Merapi.

Selain itu, gunung berapi mempunyai karakteristik berbeda, satu dengan yang lainnya. Dijelaskan, Gunung Batur tidak memiliki potensi awan panas seperti Merapi, melainkan hanya lava dan abu vulkanik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com