Kamis, 17 April 2014

/ Travel

Tips Menukar Uang Rupiah Saat Pelesir

Sabtu, 19 November 2011 | 20:50 WIB

Baca juga

KOMPAS.com - Jika Anda berpergian ke luar negeri, maka menukar uang rupiah ke mata uang negara yang dituju merupakan keharusan. Anda dapat pergi ke layanan penukaran uang (money changer) untuk menukarkan uang Anda. Berikut adalah tips mengenai menukarkan uang rupiah Anda.

Tukar di Indonesia atau di negara yang Anda tuju? Sebaiknya Anda telah menukar uang rupiah Anda ke mata uang negara yang Anda tuju. Jika pilihan Anda adalah negara-negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia, tentu mudah mencari money changer yang bisa menukarkan uang rupiah ke mata uang setempat.

Namun, bagaimana jika Anda pelesir ke negara-negara yang bukan menjadi favorit destinasi wisata orang Indonesia? Nah, ada baiknya Anda melakukan penukaran saat masih berada di Indonesia. Selain uang rupiah Anda ditukar ke bentuk mata uang setempat, tukarkan pula uang rupiah Anda ke dalam dollar AS. Hampir di semua negara di dunia biasa menerima penukaran mata uang dollar AS.

Kapan saat terbaik untuk menukarkan uang? Anda bisa menukarkan uang rupiah Anda satu minggu sebelum keberangkatan. Usahakan jangan di waktu-waktu terlalu mepet dengan keberangkatan, sehingga Anda bisa mendapatkan nilai terbaik untuk penukaran Anda tersebut. Beberapa orang menyarankan untuk menukarkan rupiah ke mata uang asing ataupun dollar AS pada hari Senin atau Selasa, saat pasar baru dibuka.

Berapa uang yang harus ditukar? Sebelum pergi ke layanan penukaran uang, Anda harus mengetahui jumlah uang yang Anda inginkan untuk ditukarkan. Sebaiknya tukarkan uang rupiah Anda ke mata uang negara yang Anda tuju sebanyak perkiraan transportasi dari bandara atau pelabuhan tempat Anda masuk ke negara tersebut menuju hotel.

Lalu tambahkan pula untuk uang membeli makanan dan minuman sebanyak tiga kali makan dan minum. Selain itu persiapkan uang cadangan untuk keperluan memberikan uang tip, hotel (jika menginap di hostel atau losmen), dan transportasi dalam sehari. Sementara itu, untuk uang pegangan lebih, tukarkan uang rupiah ke mata uang dollar AS. Ingatlah untuk tidak memegang uang tunai terlalu banyak. Berapa nilai tukarnya? Cari tahu nilai tukar atas mata uang asing yang Anda ingin tukar sebelum pergi ke money changer. Sehingga Anda dapat memperbandingkan nilai tukar yang akan Anda dapatkan. Cari beberapa situs web yang terpercaya untuk mengetahui nilai mata uang. Bisa juga dengan mengunjungi situs-situs web bank nasional dan memperbandingkan antara satu bank dengan bank lainnya.

Di mana menukar uang? Pilihlah money changer. Ini adalah yang terbaik jika Anda ingin menukar uang saat telah berada di negara yang Anda tuju. Bawalah buku catatan kecil sehingga Anda dapat membandingkan nilai tukar yang mereka tawarkan.

Saat masih di Indonesia, Anda bisa menukarkan uang rupiah Anda di bank atau money changer kepercayaan Anda atau rekomendasi dari kerabat. Jika menukarkan uang di bank, pastikan Anda memang nasabah di bank tersebut.

Memang di beberapa hotel dan bandara juga menyediakan tempat penukaran uang. Namun, mereka biasanya menawarkan nilai tukar yang rendah atas mata uang lokal karena dikenakan biaya lebih besar untuk pihak hotel dan bandara. Cari di sekitar lingkungan tempat Anda berwisata dan kunjungi bermacam-macam layanan money changer untuk mendapatkan harga yang terbaik.

Bila Anda memilih layanan money changer, pastikan money changer tersebut legal dengan dibuktikan sertifikat legal operasi di dinding. Tempat penukaran uang juga memiliki panel kaca tebal yang memisahkan pelanggan dengan teller.

Bagaimana cara menukar uang? Bila Anda telah memilih tempat penukaran uang, siapkan paspor Anda. Beberapa dari money changer di luar negeri akan melakukan cek terhadap paspor Anda. Katakan kepada kasir berapa banyak mata uang yang akan Anda tukar. Anda akan ditunjukkan jumlah pada kalkulator dan jumlah yang akan Anda terima dalam mata uang yang Anda inginkan.

Ketika Anda menerima uang, pastikan untuk menghitung terlebih dahulu sebelum Anda pergi. Cek pula apakah kondisi uang dalam keadaan baik, tidak lecek dan tidak robek. Setelah itu waspadalah terhadap pencopet dan jangan menghitung uang Anda di depan umum. Bisakah menukar uang melalui ATM? Saat telah berada di negara yang Anda tuju, Anda bisa menukarkan uang rupiah Anda melalui ATM setempat. Pastikan ATM tersebut memiliki jaringan yang sama dengan bank tempat Anda menyimpan uang rupiah.

Nantinya, ATM akan mengkonversi uang rupiah Anda menjadi mata uang setempat. Misalnya Anda menabung di bank X yang memiliki jaringan VISA. Maka, saat Anda berada di Singapura, cari ATM yang memiliki jaringan VISA.


Editor : kadek