Minggu, 21 Desember 2014

/ Travel

Batu Caves, Gua Unik di Kuala Lumpur

Selasa, 3 April 2012 | 10:28 WIB

KOMPAS.com - Batu Caves atau gua batu merupakan gua alam yang berada di bukit yang berada di atas ketinggian 120 meter di atas permukaan laut dan terletak di distrik Gombak, sekitar 13 km di sebelah utara Kuala Lumpur. Pergeseran yang terjadi di permukaan bumi selama ribuan tahun membuat rekahan-rekahan yang akhirnya membentuk tiga gua utama dan beberapa gua kecil di bukit yang terbuat dari batu marmer ini.

Gua-gua tersebut adalah  tempat yang disucikan dan menjadi pusat kegiatan umat Hindu di Malaysia dalam melakukan upacara keagamaan utama mereka yaitu Thaipusam.

Gua terpanjang, Dark Cave memiliki kedalaman 360 meter, sedangkan gua utama yaitu Main Cave memiliki kedalaman 170 meter dan ketinggian mencapai 100 meter, dihiasi cahaya matahari yang menerobos ke dinding gua melalui celah-celah kecil yang ada di atasnya.

Karena luasnya gua ini, maka Main Cave dijadikan tempat utama berlangsungnya upacara-upacara umat Hindu Tamil Malaysia. Selain itu dipelataran bawah terdapat patung Lord Murugan (Dewa Hindu)  raksasa dan patung Hanoman yang berada di sebelah pintu masuk pelataran Batu Caves.

Untuk mencapai gua yang terbesar ini kita harus menaiki anak tangga yang jumlahnya mencapai 272 buah. Sebelum mencapai tempat tersebut, sepanjang anak tangga menuju ke gua kita disambut oleh monyet-monyet berekor panjang yang senang dengan makanan yang kita bawa, seperti kacang dan pisang (dapat dibeli di beberapa warung di sekitar pelataran bawah).

Pada saat festival Thaipusam, ratusan ribu umat Hindu berdatangan dari seluruh Malaysia untuk berkumpul dan merayakan upacara di gua batu ini, diantaranya dengan menindik pipi atau memasang kaitan besi di punggung mereka dengan harapan mendapat berkah dari para dewa.

Festival Thaipusam sendiri diselenggarakan pada setiap bulan ke-10 menurut kalendar Tamil (sekitar akhir Januari-Februari). Batu Caves buka setiap hari mulai dari jam 7 pagi hingga jam 9 malam.

Cara paling praktis dan murah menuju Batu Caves adalah naik KTM Komuter Sentul dari stasion KL Sentral dengan biaya hanya RM1 per orang dan turun di stasiun Batu Caves. Sedangkan untuk perjalanan kembali ke stasiun KL Sentral dikenakan tarif RM2. Perjalanan KL Sentral menuju Batu Caves dan sebaliknya ditempuh dalam waktu sekitar 30 menit.


Editor : I Made Asdhiana
Sumber: