Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengajak Anak Merasakan Sensasi Film Night At the Museum

Kompas.com - 12/03/2015, 13:22 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

MUSEUM menawarkan koleksi arterfak yang kaya akan pengetahuan bagi para pengunjung. Benda-benda arkeologis yang disusun secara sedemikian rupa oleh pihak museum siap membawa pengunjung kembali ke masa lalu seperti menggunakan mesin waktu.

Di seluruh museum di Amerika Serikat, pengunjung dapat merasakan kehidupan seperti dalam buku Night at the Museum karya Milan Trenc. Dari mulai dinosaurus yang tertidur sampai makhluk laut, museum ini menyajikan pertunjukan sampai malam untuk anak-anak dan orang dewasa. Berikut daftar museum di Amerika Serikat yang buka sampai malam.

Museum Sejarah Alam Amerika

Museum ini terinspirasi dari buku anak-anak karya Milan Trenc pada tahun 1993 dan lalu diadaptasi menjadi sebuah film yang dibintangi Ben Stiller. Museum ini merupakan tempat syuting yang tepat untuk film A Night at the Museum. Pengunjung dewasa yang berumur 21 tahun ke atas akan disambut oleh musik jazz dan sebotol champagne. Selain itu, pengunjung dapat menikmati makan malam prasmanan dan bir.

Dengan biaya sebesar 350 dollar AS, pengunjung dapat mendapatkan semua akses ke segala ruang koleksi museum, lampu flash untuk melihat fosil, dan pertunjukan Luar Angkasa yang dibawakan oleh Neil deGrasse Tyson. Acara memiliki jadwal yang serupa tapi champagne dapat digantikan dengan aktivitas yang ramah untuk anak-anak seperti pertunjukan dari burung, kelelawar, dan hewan lainnya.

Jika tidak ingin kehabisan tiket, segera pesan. Jangan lupa untuk mengecek website secepatnya.

JB Spector/Museum of Science and Industry Koleksi Museum Ilmu Pengetahuan dan Industri

Saint Louis Science Center

Tempat ini ditujukan untuk anak-anak di atas usia enam tahun bersama pendampingnya. Acara yang ditawarkan di sini yaitu film Omnimax, pertunjukan planetarium, dan demonstrasi sains menggunakan tangan. Pengunjung juga dapat menggunakan waktu yang ada untuk menjelajahi 700 pameran termasuk sebuah patung kinetik yang membentang sepanjang hampir 400 meter, dinosaurus animatronik yang terasa hidup, dan situs penggalian interaktif di mana pengunjung dapat berburu harta karun di ruangan tanah. Setelah puas, pengunjung dapat tidur dengan kantung tidur di salah satu ruang pameran.

National Aquarium

Akuarium ini menawarkan dua pertunjukan dalam satu malam yaitu bermalam dengan ikan lumba-lumba dan hiu. Untuk dapat menikmati pertunjukan ini, pengunjung dikenakan biaya sebesar 115 dollar AS dan terbuka untuk anak-anak berusia delapan tahun ke atas. Pengunjung dapat bermalam dengan lumba-lumba dan melihat dunia air yang bercahaya dengan koleksi sebanyak 17.000 hewan.

Untuk pertunjukan hiu, pengunjung akan dipandu melewati Karang Blacktip – replika karang berasal Indo-Pasifik. Kedua acara tersebut akan memberikan kesempatan untuk berjalan di atas jembatan sempit melewati celah yang dipenuhi hiu, tangki yang berkapasitas 225.000 galon yang merupakan tempat hiu gergaji tinggal, ikan pari, dan hiu lainnya.

Bill Grant/Alamy Dinasaurus di Saint Louis Science Center.

Museum Pengetahuan dan Industri

The Science Snoozeum mengajak pengunjung untuk menjelajah dan bermalam di tengah-tengah 727 pesawat, koleksi museum lain yang seukuran dengan tambang batu bara, kereta Pionner Zephyr dan kapal selam Jerman U-505. Program bermalam ini ditawarkan oleh pihak pengelola untuk anak-anak berumur 6-12 tahun dengan harga 65 dollar AS per orang. Selain dapat mengakses museum pada malam hari, pengunjung dapat berpartisipasi dalam perburuan harta karun.

Museum Sejarah Alam, Los Angeles

Pihak pengelola museum menawarkan program petualangan malam hari  untuk anak-anak berusia 5 tahun ke atas dan para orang tua dengan harga 58 dollar AS pe orang. Anak-anak dapat bermalam mempelajari Camp Dino seperti ahli paleontologi yang akan dipandu oleh staf museum dan juga dapat mengunjungi pameran dinosaurus yang menampung 20 dinosaurus dan lebih dari 300 fosil.  Selain itu di Camp Butterfly, pengunjung dapat mempelajari tentang serangga.

Acara lain yang ditawarkan adalah program yang bertema Los Angeles. Pengunjung akan berburu di ruang pameran Becoming Los Angeles yang menyimpan sejarah California Selatan selama 500 tahun. Dua tempat bermalam tersebut ditawarkan di halaman museum, La Brea Tar Pits, di mana pengunjung akan berkeliling di lubang-lubang yang lengket dan aspal yang bocor.    

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com