Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yuk, Ajak Si Kecil Nonton Sirkus Hanoman

Kompas.com - 26/02/2016, 16:05 WIB
Muhammad Irzal A

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Budaya tradisional khas Indonesia yang dibalut seni akrobatik ala Eropa akan ditampilkan dalam pertunjukan Oriental Circus Indonesia (OCI). Pertunjukan ini akan digelar selama enam bulan di enam titik Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek).

Pentas bertajuk "Hanoman the Dreamer" oleh OCI ini dimulai tanggal 27 Februari hingga 27 maret 2016 di HYPE Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara, sebagai tempat pertama. Tepatnya di JalamnPantai Indah Kapuk Boulevard 1, bersebelahan dengan Budha Tzu Chi School.

Dalam pentas tersebut, Hanoman sebagai salah satu tokoh yang kerap muncul dalam tradisi Indonesia, menjadi peran utama dalam pementasan tersebut. Disutradarai oleh Rama Soeprapto, pertunjukan OCI kali ini memang bertujuan menyuguhkan budaya Indonesia dikolaborasikan dengan atraksi sirkus ala Eropa.

“Hanoman sebagai tokoh imajinatif yang terkenal di Indonesia, akan melakukan perjalanan dalam ceritanya. Berawal dari mimpi-mimpinya, ia akan berkelana ke negeri-negeri dengan atraksi sirkus yang memukau. Pada akhirnya ia akan memimpin hutannya sendiri,” ujar Bayu Pontiagus sebagai penulis naskah cerita, saat konfrensi pers OCI, Kamis (25/2/2016).

OCI yang yang merupakan satu-satunya kelompok sirkus yang dimiliki Indonesia, bekerja sama dengan 10 pemain sirkus dari berbagai negara di Eropa, salah satunya dari Rusia, yang terkenal dengan sirkusnya. Mereka akan berkolaborasi dengan 18 pemain sirkus asli Indonesia.

Dalam waktu satu setengah jam pertunjukan, mereka akan melakukan beberapa atraksi seperti Trampolin yang menggunaka lompatan-lompatan, Romanova, Slepukhin, dan Duo Silk.

“Di akhir cerita, Hanoman dengan beberapa utusannya akan melakukan kolaborasi akrobatik. Kita ingin menunjukan kepada pengunjung, ini lho Indonesia punya pemain-pemain sirkus yang handal dan tidak kalah sama pemain dari luar bahkan Eropa,” ujar Bayu.

Anda dapat mengajak keluarga untuk menyaksikan ini pada Senin-Minggu. Untuk hari Senin hingga Kamis hanya akan dilakukan satu kali pertunjukan, yaitu pada pukul 20.00 WIB.

Pada Jumat tersedia dua kali pertunjukan pada pukul 17.30 dan 20.00 WIB. Hari Sabtu dengan tiga kali pertunjukan pada pukul 14.00, 17.30, dan 20.00 WIB. Sedangkan paling banyak dilakukan pada Minggu atau hari libur nasional yaitu empat kali pertunjukan, pada jam yang sama ditambah 11.00 WIB.

Tiket sendiri bisa didapatkan secara langsung di tempat, ataupun secara online di rajakarcis.com, tiket.com, kiostix, indotix dan bookmyshow.com. Selain itu terdapat pula ticket box di semua TB Gramedia yang berlokasi di Jakarta Utara.

Untuk harganya terdapat lima kelas, yang dibedakan berdasarkan posisi tribun saat pertunjukan. Yaitu kelas ekonomi, kelas 1, kelas utama, kelas VIP, dan VVIP. Dengan harga tiket mulai Rp. 100.000 untuk kelas ekonomi, hingga Rp. 500.000 untuk VVIP.

Danis Manansang selaku penyelenggara OCI dalam jumpa pers, Kamis (25/2/2016) mengatakan bahwa tenda yang dipakai sudah diujicobakan dengan suhu, tekanan angin, dan hujan yang tinggi. Tenda besar yang digunakan berkapasitas 1.500 pengunjung.

“Jangan khawatir dengan tenda sirkus yang digunakan, walaupun di musim hujan yang deras, tenda yang dipakai bermaterial khusus standar sirkus Eropa,” ujar Danis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com