Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Video Perjalananmu Tayang di Televisi dan Dapat Uang? Ini Caranya...

Kompas.com - 08/04/2016, 07:21 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Pergi liburan tentunya tak akan lepas dari alat dokumentasi yakni kamera. Entah itu untuk berfoto maupun mengabadikan momen dalam bentuk video.

Biasanya, stasiun televisi memiliki program khusus liburan yang akan ditayangkan di hari-hari tertentu. Untungnya, terkadang beberapa stasiun televisi juga memberi kesempatan kepada wisatawan untuk mengirimkan karya video untuk ditayangkan dan mendapatkan uang.

Nah, bagaimana caranya untuk bisa ditayangkan di televisi dan mendapatkan uang? Simak tips dari narasumber talkshow “Tips Menjadikan Dokumentasi Video Traveling Pribadi Layak untuk Acara TV", Tito Loho di Deep and Extreme Indonesia 2016.

1. Kenali stasiun televisi

Mengenali stasiun televisi yang akan menerima karya video yang dibuat adalah hal yang penting. Pasalnya, setiap televisi memiliki segmentasi penonton yang berbeda. Hal tersebut mempengaruhi konsep video liburan yang akan ditayangkan.

2. Siapkan portfolio

Sebelum bertemu dengan pihak stasiun televisi siapkan portfolio video yang telah dibuat. Portfolio tersebut akan membantu menyakinkan pihak televisi. Porfolio tersebut juga bisa berbentuk follower di media sosial yang dimiliki.

KOMPAS.com / WIJAYA KUSUMA Para remaja selfie menggunakan tongsis dengan latar belakang hamparan bunga eceng gondok di Karangasem, Palbapang, Kabupaten Bantul, Selasa (15/12/2015).
3. Video yang berjiwa humanisme

Buatlah video yang menonjolkan sisi manusia. Maksudnya adalah orang-orang yang menonton tayangan televisi juga menginginkan sisi humanis dalam sebuah video.

Jadi tak selalu isi dalam video itu adalah hal yang bersifat senang. Bisa juga tambahkan sisi yang sedih dalam sebuah perjalanan.

4. Paham segmentasi video

Setiap video memiliki segmentasi yang akan menggambarkan alur cerita. Ada pembukaan dan juga ada pula penutupan.

Nah, dalam video perjalanan jangan lupa untuk merekam setiap adegan dari mulai berangkat hingga pulang. Jangan lupa untuk memberikan komentar dalam setiap adegan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com