Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sulut Targetkan Jadi Pintu Masuk Wisman

Kompas.com - 28/07/2016, 17:12 WIB

MANADO, KOMPAS.com - Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey menargetkan daerah ini menjadi tujuan utama para wisatawan mancanegara (wisman). "Saya akan menjadikan Sulut sebagai hub wisman masuk ke Indonesia," kata Olly di Manado, Kamis (28/7/2016).

Saat ini, Provinsi Sulut sementara menggarap tujuan wisman setelah datang di Manado, mereka melanjutkan perjalanan ke Wakatobi, Raja Ampat, Morotai yang hanya memerlukan waktu tidak terlalu lama.

"Hal ini, untuk lebih meningkatkan kunjungan wisman di Sulut, karena setelah di Manado, wisman bisa melakukan perjalanan ke daerah lain," jelasnya.

Olly mengatakan secara geografis Provinsi Sulut sangat strategis masuknya para wisman baik dari China, Jepang, Korea dan beberapa negara di Asia juga Eropa.

Sehingga, lanjut Olly, ke depan pemerintah akan menggandeng beberapa maskapai untuk menjadikan penerbangan reguler internasional di Manado karena selama ini hanya carter.

"Jika sudah ada penerbangan reguler internasional dari dan ke Manado maka akan memberikan dampak positif bagi perekonomian daerah," jelasnya.

Gubernur Sulut menjelaskan saat ini dari China ada enam kota yang melayani penerbangan menuju Manado yakni Macau, Shenzen, Chongqing, Wuhan, Shanghai dan Changsa. Selain China, lanjut Olly, Pemprov Sulut akan terus menggarap pasar Eropa.

Sejak awal Juli 2016, wisman asal China yang datang ke Sulut sudah di atas 4.000-an orang secara bergantian, dan diperkirakan akan mencapai 30.000-an wisman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com