Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Negara Penghasil Turis Muslim Terbanyak di Eropa

Kompas.com - 04/08/2016, 11:09 WIB
Sri Anindiati Nursastri

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Populasi umat Muslim di dunia tak bisa dibilang sedikit. Apalagi, jumlah perjalanan turis Muslim selalu bertambah tiap tahunnya.

Jumlah total perjalanan wisatawan Muslim pada 2015 mencapai angka 117 orang. Hal itu berdasarkan studi Mastercard-CrescentRating Global Muslim Travel Index (GMTI) 2016. 

Angka tersebut diperkirakan akan terus tumbuh hingga 168 juta orang pada 2020, dengan total nilai pengeluaran di atas 200 miliar dollar AS. Hal itu dikemukakan Chief Executive Officer (CEO) CrescentRating & HalalTrip, Fazal Bahardeen. 

"Berdasarkan data HalalTrip, perjalanan turis Muslim mengalami kenaikan sebesar 4,5 persen tahun lalu," tutur Fazal dalam konferensi pers HalalTrip dan Mastercard yang digelar di JCC, Rabu (3/8/2016).

Pasar utama turis Muslim datang dari berbagai penjuru dunia. Namun ada tiga wilayah penghasil turis Muslim terbanyak di dunia. 

"Pertama adalah Indonesia dan Malaysia. Kemudian negara-negara di Asia Tenggara. Ketiga adalah negara-negara Eropa Barat, selain tentunya Timur Tengah," tutur Fazal kepada KompasTravel.

Fazal menambahkan, ada tiga negara penghasil turis Muslim terbanyak di Eropa yaitu Inggris, Jerman, dan Perancis. 

"Jerman punya populasi Muslim cukup besar, sekitar 7-8 persen," imbuhnya.

ThinkStock Menara Eiffel di Paris, Perancis.

Populasi masyarakat Muslim diperkirakan akan mencapai 26 persen dari keseluruhan populasi dunia pada 2030. Division President Mastercard untuk Indonesia, Malaysia dan Brunei, Safdar Khan menambahkan, itulah pentingnya memberi peluang bagi sektor pariwisata Muslim untuk terus tumbuh.

"Kami berharap perkembangan produk dan layanan gaya hidup Muslim yang inovatif akan meningkatkan lanskap pembayaran, mendorong cross border commerce, dan membantu menyusun standar baru bagi industri perjalanan dan pariwisata secara keseluruhan," paparnya.

Online platform untuk turis Muslim, HalalTrip bekerja sama dengan Mastercard meluncurkan tiga produk baru yang akan memudahkan turis Muslim dalam merancang itinerary. Tiga produk tersebut adalah HalalTrip City Pass, HalalTrip Getaways, dan HalalTrip Homes.

Ketiganya diluncurkan pada acara World Islamic Economic Forum (WIEF) ke-12 yang digelar di Jakarta Convention Centre (JCC) Senayan, Jakarta Pusat, 2-4 Agustus 2016.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com