Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/01/2017, 07:05 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Toge goreng satu ini dapat digolongkan sebagai makanan legendaris di Bogor, Jawa Barat. Dibuka sejak 1970, Toge Goreng Haji Omah tak pernah sepi pelanggan. Bahkan baru-bari ini Toge Goreng Haji Omah sempat diboyong ke Istana Bogor oleh Presiden Joko Widodo saat rapat kabinet paripurna di awal tahun 2017.

"Iya saya diajak ke Istana. Terakhir saat rapat kabinet," kata Firman, generasi ketiga penerus Toge Goreng Haji Omah, sembari menunjukan celemek merah tua yang ia dapat dari kunjungan terakhirnya ke Istana Bogor.

"Sebenarnya bukan dari zaman Pak Jokowi saja, sudah dari zaman Pak SBY. Cuma diajak ke istana ini di zaman Pak Jokowi, kalau zaman Pak SBY biasa ada yang datang beli," kata Firman kepada KompasTravel.

BACA JUGA: Menjajal Nasi Goreng Kaki Lima yang Disantap Jokowi dan Para Menteri

Terletak di Jalan Jendral Sudirman nomor 23 A, tepatnya di sebelah Bogor Junction, Toge Goreng Haji Omah menempati sebuah bangunan sederhana. Meski begitu, Toge Goreng Haji Omah tak pernah sepi pengunjung.

Saat KompasTravel menyambangi Toge Goreng Haji Omah, Minggu (15/1/2017), ada saja pengunjung yang makan di tempat atau minta dibungkus.

Dari tempat makan, pengunjung dapat melihat proses pembuatan toge goreng. Hal yang menarik perhatian dari proses pembuatan adalah pemakaian daun untuk membungkus toge dan tungku memasak yang menggunakan kayu bakar.

KOMPAS.COM/FIRA ABDURACHMAN Dapur Warung Toge Goreng Haji Omah di Bogor.

"Ini daun papat. Memang ciri khasnya pakai ini untuk membungkus. Kalau tungku memang sengaja pakai kayu bakar, biar lebih wangi," kata Udin, peracik Toge Goreng Haji Omah.

Soal rasa, Toge Goreng Haji Omah memiliki ciri khas yang berasal dari saus tauco yang dibuat sendiri. Tekstur tauconya cenderung kental, namun tak ada bau menyengat khas tauco. Ada sensasi rasa pedas dari rasa saus tauco tersebut.

BACA JUGA: Kisah Pedagang Nasi Goreng Tek-tek yang Memasak untuk Jokowi

Selain saus tauco, toge yang digunakan juga berukuran besar sehingga menciptakan tekstur renyah saat dikunyah. Tahu kuning dengan tekstur sangat lembut menjadi topping pelengkap lainnya.

Toge Goreng Haji Omah patut dicoba jika berkunjung ke Bogor, meskipun Anda bukan penggemar hidangan toge goreng atau tauco. Sebab, rasanya cenderung berbeda dengan toge goreng kebanyakan.

"Kebanyakan yang beli justru orang luar Bogor. Kalau lagi ramai seperti Sabtu, Minggu atau hari libur bisa habis 20-25 kilogram toge," tutur Firman.

Toge Goreng Haji Omah buka dari pukul 08.30 - 17.00 WIB. Harga satu porsi toge goreng yakni Rp 16.000 saja.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com