Cocokkah Makanan Australia dengan Lidah Orang Indonesia? - Kompas.com

Cocokkah Makanan Australia dengan Lidah Orang Indonesia?

Silvita Agmasari
Kompas.com - 18/05/2017, 08:13 WIB
Kompas.com/Silvita Agmasari Seafood platter di restoran Nicks, Darling Harbour, Sydney, New South Wales hidangan laut dari campuran berbagai jenis hewan laut.

GOLD COAST, KOMPAS.com - Perbedaan iklim dan letak geografis pada akhirnya memengaruhi kuliner suatu negara. Maka tak dapat dipungkiri bagi wisatawan negara tropis seperti Indonesia dapat mengalami "gegar rasa" saat berwisata ke luar negeri dalam waktu yang cukup lama. Namun jika Anda berwisata ke benua tetangga yakni Australia, rasanya ketakutan tersebut tak diperlukan.

"Untuk makanan di Australia aman, selama ini tamu tak pernah ada yang mengeluh dan justru makanan di sana enak-enak," kata Marketing Manager Tourism and Events Queensland Perwakilan Indonesia, Tjoa Su Yen sebelum perjalanan Media Trip bersama Golden Rama Tours & Travel yang dimulai Rabu (12/4/2017).

Perkataan Su Yen benar adanya, karena kuliner di Australia dapat diterima dengan baik oleh seluruh peserta media trip. Bahkan rasanya memuaskan. Dirangkum dari perjalanan Media Trip bersama Golden Rama Tours & Travel, berikut adalah hidangan yang sayang dilewatkan jika berkunjung ke Negeri Kanguru:

1. Steak sapi

Daging sapi impor asal Australia marak beredar di Indonesia. Menyantap langsung daging sapi di negara asalnya dengan kualitas baik, membuat steak sapi menjadi hidangan yang patut dicoba saat berkunjung ke Australia.

Tak perlu banyak bumbu, steak di Australia lebih menonjolkan tekstur dari rasa daging sapi yang lembut dan segar. Sama sekali tak sulit mendapati restoran yang menjual daging sapi di Australia.

2. Hidangan laut

Super segar, itulah yang menggambarkan hidangan laut di Australia. Rahasia kesegaran hidangan laut di Australia adalah jejak distribusi dari produsen sampai konsumen yang jelas.

Jangan mengharapkan hidangan laut di Australia akan dimasak dengan berbagai bumbu atau saus khas seperti di Indonesia. Rata-rata hidangan laut di Australia hanya dimasak dengan teknik direbus atau digoreng dan dicocol mayonaise. Tetapi rasanya sungguh nikmat karena kesegaran hidangan laut akhirnya berpengaruh pada tekstur.

Umumnya hidangan laut di Australia memiliki ukuran yang jumbo. Kawasan Darling Harbour di Sydney, New South Wales adalah kawasan yang terkenal oleh deretan restoran hidangan laut.

3. Tiram sungai

Menjadi rekomendasi karena tiram sungai berbeda dengan tiram laut. Tiram yang dibudidayakan di sungai memiliki ukuran lebih kecil dari tiram laut, tetapi memiliki tekstur yang lebih creamy dan tak amis sehingga menimbulkan rasa enek saat dimakan mentah.

Biasanya tiram sungai disantap bersama perasan lemon dan anggur putih (white wine). Mintalah tiram sungai ketimbang tiram laut ketika memesan hidangan di restoran.

Kompas.com/Silvita Agmasari Kue lamington, makanan penutup khas Australia yakni bolu yang dilapisi cokelat dan diberi parutan kelapa kasar. Sedangkan ginger beer adalah minuman soda khas Australia, meski namanya beer tetapi tak mengandung alkohol.

4. Lamington

Sebagai makanan penutup, orang Australia gemar menyantap kue manis. Di Australia aneka kue dan pastry memiliki rasa yang lezat. Namun jika ingin mencari kue khas Australia, pesanlah Lamington. Ini adalah kue bolu yang dilapisi cokelat dan parutan kelapa.

5. Kopi

Bukan negara penghasil kopi, tetapi orang Australia sangat serius dalam memilih kopi untuk dikonsumsi. Rata-rata restoran di Australia membuat kopi dengan kualitas yang baik dan ditawarkan sebagai pencuci mulut.

6. Wine

Terkenal sebagai negara dengan banyak perkebunan anggur membuat Australia menjadi salah satu penghasil wine dengan kualitas terbaik di dunia. Wine di Australia cenderung memiliki rasa fruity yang lebih dominan dibanding wine dari Eropa. Wine juga menjadi pendamping makan besar di Australia. 

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisSilvita Agmasari
EditorSri Anindiati Nursastri

Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM