Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/05/2017, 17:46 WIB
Muhammad Irzal Adiakurnia

Penulis

TANGERANG, KOMPAS.com – Kini wisatawan yang ingin bepergian menggunakan pesawat dari bandara akan dipermudah pelayanannya menggunakan app bernama Indonesia Airports.

Aplikasi smart phone ini baru diluncurkan Sabtu (20/5/2017) dalam seminar “Kebangkitan Bandara Digital Indonesia” oleh PT Angkasa Pura II. Aplikasi tersebut mengintegrasikan berbagai informasi yang dibutuhkan bagi pengunjung atau wisatawan, hingga internal tiap stake holder di bandara.

Wisatawan yang akan terbang dari bandara tertentu dapat mengetahui jadwal dan terminal penerbangannya secara real time. Bahkan ia akan mengingatkan sebelum keberangkatan, jika penumpang belum melakukan check-in, melalui fitur my flight.

Selain itu, hanya dengan membuat akun menggunakan nomer handphone dan email kita bisa memantau cuaca saat keberangkatan dan kedatangan, estimasi bagasi, juga beberapa pelayanan lainnya terkait dengan maskapai.

Sedangkan yang terkait dengan bandara, dalam aplikasi tersebut terdapat menu guide, yang akan memandu wisatawan menuju fasilitas-fasilitas yang diperlukan. Seperti hotel, taksi, mushala, lounge, toilet, juga ATM senter terdekat.

Selain itu partner tenant di bandara pun ikut dipromosikan dalam aplikasi tersebut, sehingga wisatawan yang ingin belanja di bandara, terintegrasi dengan tenan-tenan yang ada. Namun bukan berarti jadi membeli secara online, tapi menawarkan informasi tenant tersebut.

“Semua dipantau secara real time, karena informasi yang keluar di app berasal dari integrasi bandara juga airlines,” ujar Muhammad Awaludin, Direktur Utama Angkasa Pura II saat pemaparan pada peluncuran aplikasi Indonesia Airports, Sabtu (20/5/2017).

Sedangkan bagi internal stake holder yang ada di bandara, pun bisa memantau secara real time posisi pesawat di bandara, airport report service, administrasi, klaim bagasi, hingga media monitoring.

Sayangnya bandara yang tersedia memang baru bandara yang dikelola oleh PT Angkasa Pura II (Persero). Selain itu juga belum adanya fitur map yang bisa memetakan lokasi-lokasi di bandara.

Berniat mencobanya sebelum traveling menggunakan pesawat? Aplikasi ini sudah bisa diunduh secara gratis di play store maupun app store.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com